nhk

Helm Dilengkapi Navigasi, Pengendara Tak Bakal Nyasar

Helm, navigasi
Helm karya Andrew yang penuh dengan teknologi navigasi

ManiakMotor – Fungsi utama helm melindungi kepala pengendara. Tapi ke depan, perannya coba ditingkatkan dengan memaksimalkan jarak pandang. Nah, ilmuan asal Rusia Andrew Artishchev sedang mengembangkan helm masa depan dengan navigasi. Jadi, pengendara tak perlu hati-hati yang berlebihan ketika melintasi jalan yang belum pernah dilalui sama sekali.

Pada layar kaca helm muncul informasi dan petunjuk jalan
Pada layar kaca helm muncul informasi dan petunjuk jalan

Andrew sudah menciptakan prototipe helm yang didalamnya terdapat perangkat elektronik dan mekanis sebagai pendukung dari hasil riset tiga tahap. Perangkat tersebut berupa Microdisplay yang berfungsi sebagai navigasi.

Posisi peranti itu berada di bagian atas belakang helm. Dari situ ia memberi informasi tentang kondisi jalan di depan yang terpampang pada visor (kaca pelindung). Tampilannya berwarna dan tidak mengganggu pandangan pengendara. Jarak pandang cukup jauh dengan kamera yang mempunyai resolusi 4K.

Trus, pada bagian bibir atas helm terdapat sensor cahaya (light sensor). Tugasnya, untuk menyesuaikan kecerahan gambar di visor sesuai dengan kondisi di luar. Pada bagian lain, Andrew memasang microphone sebagai kontrol suara, lalu ada earphones, perangkat untuk mengisi baterai, G-Sensor, Gyroscope dan kompas digital untuk mengetahui gerakan kepala.

helm-navigasi-microSemua perangkat ini digerakkan oleh dua tenaga baterai berkekuatan 3.000 milliamper, 570 mAh di antaranya tersedot untuk tayangan informasi jalan di kaca. Dengan adanya peranti teknologi ini membuat dimensi helm jadi melar.

Andrew berencana memproduksi sekalgus dipasarkan pada 2017, termasuk Australia dengan banderol di atas Rp25 juta. MM

BAGIKAN