nhk

Helm Penyelamat Penumpang Kapal Tenggelam Di Danau Toba

ManiakMotor – Jangan sepelekan helm. Di darat buat pengedara helm untuk melindungi kepala. Dan wajib digunakan. Tapi saat genting di air pun, helm jadi penyelamat nyawa, seperti dialami Riko Sahputra. Riko salah satu penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba pada 18 Juni 2018.

Riko menceritakan seperti wawancaranya pada Tribun. Katanya kapal tersebut kelebihan muatan terutama motor, berarti juga ada helm pengendara di situ. Apalagi diberitakan, di kapal ini juga banyak penumpang komunitas Vespa, “Kapal oleng tiga kali dan penumpang berloncatan ke air, termasuk saya. Untung ada helm yang mengapung. Saya pegang itu helm dan jadi alat pelampung selama sekitar sejam di tengah danau, sebelum datang bantuan,” kata Riko.

Riko juga menceritakan yang dia lihat ada tiga helm yang mengapung. Satu buat dirinya dan dua lainnya buat korban yang lain. Menurut Riko yang bisa meraih helm ini umumnya selamat.

Sayang tak disebut helm merek apa yang dipeluk Riko sehingga dia selamat. Juga tak disebut model setengah wajah (half face) atau yang model semuanya menutup wajah (full face). Mengingat pada semua berita KM Sinar Bangun tanpa pelampung sama sekali.

Yang pasti, helm dari plastik cor-coran kalau yang mahal dari kualitas plastik bermutu memang sifatnya mengapung. Pelapis dalamnya dari spon juga bahan yang mudah terapung, makanya jadi penyelamat nyawa Riko di tengah danau Toba. MM

 

BAGIKAN