nhk

Hilang Kunci Kontak Motor, Nih Cara Sederhana Hidupkan Mesinnya

Malah punya yang lain langsung pakai kabel yang disambung dari kabel CDI

ManiakMotor – Lupa adalah manusiawi. Asal jangan banyak lupa, apalagi lupa diri. Persis yang dialami Meridian Sukabeja yang tetap tahu diri yang kebalikan dari lupa diri. Dia lupa kunci kontak saat buru-buru dan berpacu dengan waktu, ”Mendadak kunci motor  hilang. Seisi rumah disuruh mencari, tidak ketemu juga,” keluh doi.

Biasanya dari soket ini sambungan kabelnya

Ente mungkin juga pernah lupa ingatan begitu, eh, sorry bro, soalnya penulisnya lupa menyusun kata-kata. “Dalam keadaan darurat, jalan keluarnya kawat kecil. Setrum bisa di-by-pas dengan kawat ini. Syaratnya, setang tidak dalam keadaan  terkunci,”  ingat Ivan Gerung yang buka bengkel di Cibubur, Jakarta Timur.

Andai  setang terkunci, sodok saja pakai kunci ‘T’. Itu paling simpel dan sekalian merusaknya. Hehehe, itu sih curanmor…  Yang ini dilarang ditiru yang menirunya benar-benar lupa ingatan.

Kalau sudah terbuka begini modelnya

Simpel akal-akalan dicoba pada Honda Supra X 2002. Langsung sasaran dan anggap cover sudah dalam posisi terlepas. “Cari soket untuk kunci kontak, kabelnya putih kombinasi hitam (1 kabel) dan hitam kombinasi merah (2 kabel),” urai Gerung.

Gunakan kawat ini untuk menyambukan kabel dimaksud

Perhatikan lubang-lubang pada soket kunci kontak tadi. “Cari kaki kabel  hitam kombinasi putih (pinggir kanan) dan kabel hitam kombinasi merah (tengah). Sambungkan dengan kawat tadi kedua kabel, pasti motor langsung hidup,” terangnya  sambil menerangkan kalo kabel putih-hitam itu berasal dari  CDI-koil dan hitam-merah dari sepul.

Selamat mencoba, kalau gagal tetap klik maniakmotor.com cari lagi tips yang lain lagi. MM  

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353