nhk

Honda 90 Lawas, Sarat Teknologi Canggih, Untuk Ultah Ke-50

Honda 90, listrik, annyversary

ManiakMotor – Pada 1967, prinsipal sepeda motor Honda meluncurkan model sport S90. Ringan, bergaya dengan tangki berkrom, dan performa optimal yang diperuntukkan di pedasaan. Nah, merayakan ultah ke-50, desainer Igor Chak kelahiran Rusia yang kini menetap di Los Angeles, Amerika memainkan kreativitasnya alias memodifikasi.

Honda 90 asli dan yang sudah dipermak. Tanpa suara dan sarat teknologi canggih

Modifnya tidak berat, ya tergolong ringan. Hanya, Igor coba mengembalikan kendaraan vintage ini ke dalam kehidupan modern. Jadi, ia tidak ingin merombak habis-habis dan hanya membuat S90 tampil sedikit lebih besar, lebih ramping, lebih aerodinamis, dan nol emisi.

Suspensi monosok tersembunyi. Jok model Cafe Racer

Yup, mesin 89.6 cc SOHC 4-Tak 2 katup berpendingin udara yang mampu melesat sampai 102 km/jam disingkirkan. Pengganti sumber tenaga berasal dari dua motor listrik, masing-masing ditempatkan pada hub. Dengan begitu menjadi kedua roda all-wheel drive. Setiap motor punya daya 50kW yang mengeluarkan tenaga 60HP, jika digabungkan dengan yang satu total 100HP.

Sedang penggerak motor hub mengandalkan Air Cooled Lithium Sulfide Battery (Li2S) dengan daya 14kWh. Baterai Li2S ini diklaim menahan empat kali energi baterai lithium ion. Posisi baterai sama Igor diletakkan  di bagian bawah untuk memberi titik gravitasi lebih rendah.

Lampu LED (kanan) dan layar sentuh OLED yang menginformasikan kondisi motor

Tampak dari tampilan motor ini sangat ramping. Namun, dilengkapi fitur keselamatan yang menyamai motor-motor besar sekarang. Seperti di antaranya  ABS, kontrol traksi, kontrol stabilitas, dan Launch Control, juga Regenerative Braking System yang memberi 60% daya pada baterai. Ueeedan, canggih bingit!

Di depan setang (atas lampu utama yang LED) ada layar sentuh OLED. Fungsinya, memberi semua informasi berkaitan dengan motor. Oh, ya ada ketinggalan. Untuk menghentikan tenaga ada pengereman elektromagnetik di masing-masing roda. Memang, model ini butuh sedikit lebih perawatan, tapi lebih tahan lama ketimbang konventional.

Ada tiga pilihan warna. Masih konsep, bro

Beralih ke bodi. Konstruksi bodai utama tetap utuh, hanya kerangka luar pakai aluminium yang dibungkus serat karbon agar tahan dan stabil. Trus, sokbreker ganda belakang disulap jadi monosok dan terbungkus kerangka luar. Jok didesain model cafe racer dan di ujung terdapat lampu. Keren! Maliq

BAGIKAN