nhk

Honda CB150R StreetFire, Bepostur Proporsional Naked Bike

 

ManiakMotor – Postur Honda CB150R mirip dengan tubuh atletis, proporsional. Bodi ringkas (naked), rangka aktraktif, menonjolkan dengan tembus mata tampang  mesin DOHC, dipacu injeksi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dan didinginkan radiator. Ditopang kaki-kaki yang sesuai dimensi bodi dan rangka kuda besi yang  dijual Rp 22.350.000. 

Sejatinya, rangka dan mesin sebagai bagian penampilan model naked bike. Ilmu duga-duganya, rangka dan mesin ini mirip sixpack. Itu loh, macam atlet yang otot perutnya bertingkat enam.  “Sengaja itu ditampilkan, karena kami memilih terobosan baru soal mesin dan rangka. Kami yakin itu satu-satunya di Indonesia saat ini,” promosi  Agustinus Indraputra, GM Marketing Planning dan Analys Division, PT. Astra Honda Motor.

Mata pasti selalu tertuju pada rangka dan mesin. Tapi kalau teliti, sebenarnya semua tampilan satu benang merah. Lampu depan ala street fighter, tangki, sirip sampai buritan adalah gaya futuristik. Perhatikan sejenak brosist soal futuristiknya yang kata orang fitur, tarikan pada lengkungan batok lampu depan sejajar tangki, seirama jok dan diakhiri buritan yang tajam. Itu wakil cver-covernya ala  motor masa kini dan masa depan nanti. Yang jelas nggak bakal dibawa pembelinya sampai mati. Motor itu hanya harta dan masa sekarang sebagai ‘kaki’ untuk menuntun amal… hehehe.

Tapi hati-hati jangan sampai kepleset. Naked bike itu hanya gaya, bukan karakter. Karakter motor ini yang sport sejati dengan rangka yang punya sudut kemudi (rake) 25o bersih. Itu bedanya dengan cruiser dan turing yang rake-nya bermain 25 kom sekian sampai 26o. “Naked bike saat ini tidak mengenal karakter. Apa pun bisa bisa digayain naked,” kata Topo Goedel Atmodjo dari rumah modifikasi Tauco Custom di Jakarta. Data dan analis teknik lebih lengkap coba baca ini; Test Ride Honda CB150R StreetFire; Sasis Gesit, Mesin Agresif, Harga Kompetitif (Rp 22.35 Jeti).

Lebar, panjang, tinggi dan pondasi yang bobotnya 129 kg, pas untuk kelas 150 cc. Bodi tidak kedodoran, kaki-kaki tidak kekecilan atau kebesaran. Angka-angka diameter tabung sokbreker pada speksifikasi memang tidak ada. Tetapi, dilihat dengan kasat mata sesuai penampilan keseluruhan. Itu dituntaskan dengan pelek palang lima yang dialas ban depan 80/90-17 tubeless dan belakang 100/80-17 tubeless. Inti semua itu adalah proporsional termasuk harga dan alat penghela atau mesin yang 12.5 dk dengan berbagai teknologinya.  

Maaf, tidak semua ciptaan Tuhan yang sempurna, apalagi bikinan manusia, manusia yang berkumpul di Cakung markas AHM pula. Ini motor sudah semua oke. Tapi ada yang menggaggu sikit, tentu saja tampilan. Sabar, nanti disebut juga, reporter mau merokok dulu. Tuh, tuh, striping.  Malah lebih bagus polos dengan permainan warna rangka yang berbeda dengan bodi. Itu saja? Belum, hati-hati juga dengan pengelasan rangka, jangan ciri Indonesia geeetuuu, loh. Adib  

BERITA TERKAIT:

Test Ride Honda CB150R StreetFire; Sasis Gesit, Mesin Agresif, Harga Kompetitif (Rp 22.35 Jeti)

Honda CB150R StreetFire Vs Yamaha New Vixion, Harga Sama, Segmen Beda..?

Honda CB150R StreetFire, Harga Resmi Rp 22,35 Juta OTR Jakarta

Modifikasi Honda CB150R StreetFire, Lebar Peleknya 6 Inci

Honda CB150R Street Fire, Berpotensi Rajai Drag Bike, Satria FU..?

Honda CB150R StreetFire, Langsung Ada OMR Di IRS Sentul

Honda CB150R Street Fire, Dijual 12 Desember 2012

Honda CB150R StreetFire 2013, Memang Rangkanya Teralis..!

 

SPEKSIFIKASI

 

 

 

BAGIKAN