nhk

Honda CB150R StreetFire, Berpotensi Rajai Drag Bike, Satria FU..?

 

ManiakMotor – Baru saja diluncurkan, motor ini sudah menjadi perbincangan hangat pelaku drag bike. Potensi dari canggihnya mesin diramalkan bisa merajai lintasan lurus. Terutama soal pelayanan volumetriknya. Efesiensi volumetrik akan mudah diterapkan dengan sistem DOHC (double over head  chamshaft).  Ya, kira-kira jadi penantang Satria FU di trek lurus yang sama-sama DOHC.

Pasti kencang, basis mesin standarnya saja sudah canggih, tinggal tergantung mekanik mengolahnya. Rangka pasti diganti yang lebih ringan. Soal injeksi untuk sementara masih bisa diganti dengan karburator. Itu sampai ada teknologi yang rata bisa mengaplikasinya,” buka Sapuan, mekanik yang mengorek Suzuki Satria FU nya menjadi perbincangan karena mampu menyapu special engine (SE) dan sport lainnya.

CB150R akan lebih mudah karena sudah dijual resmi di Indonesia. PDG alias pedagang  suku cadang kompetisi, tidak akan rugi menjual part kompetisinya. Itu dibanding ketika CBR150 yang masih indentik dengan Thailand. “Makanya CBR kurang diminati di drag, karena suku cadang sudah. Bicara rasio saja, ruang girboks CB150R sampai gigi 6-nya tersedia,” kata Ari Gunawan yang anaknya Nanang Gunawan, ahli rasio di Indonesia.

Bicara dasar mesin, motor ini memang berkarakter panteng terus rpmnya.  Bisa dibilang, saat ini mesin CB150R yang tercanggih dengan harga jual kisaran RP 20 juta. “Powernya lebih mudah didapat dengan menaikkan stroke. Diameter silindernya sudah cukup. Kata orang pintar sih, mesinnya jadi square, bore dan stroke yang sama. Joki lebih mudah mengendalikan,” tambah Sapuan.

Muhamad Farid alias Popo dari tim Wahana Baru sudah memperkirakan kelas yang tersedia untuk CB150R di drag bike. Yakni campuran 4 Tak s/d 250 cc, “Memang paling masuk akal menaikkan stroke untuk menambah kapasitas mesin. Sebab, motor ini mengaplikasi radiator, trik boreup tidak akan maksimal karena adanya jalur air atau water jacket. Kalau bore-up dikit-dikit sih nggak masalah,”  ujar Popo.

Mesin  injeksi, mengaplikasi radiator, DOHC, akan gampang dikorek. Ya itu tadi, injeksinya diperkirakan akan ramai-ramai ditukar dengan konvensional atau karbu. Tentu saja injeksinya disimpan di lemari. Siapa tahu saat distandarkan lagi masih bisa dipakai. Disimpan di loa’an juga ndak masalah brosist.

Eko Chodox yang saat ini sedang ngetop-ngetopnya sebagai joki kebut lurus pun penasaran dengan peforma CB150R, “Sabtu ini (15/12) saya tidak akan ikut event drag. Saya diundang ikut acara yang dibuat AHM (Astra Honda Motor). Yang akan saya rasakan dengan feeling adalah monosok pro link-nya,” aku Eko, pada acara yang digelar di waktu dan tempat yang sama dengan Drag TDR di Senayan, Jakarta.

Walah tabrakan dong. Sampai hati deh. Adit

BERITA TERKAIT:

Honda CB150R StreetFire Vs Yamaha New Vixion 2013, Testimoni Freestyler..!

Honda CB150R StreetFire Vs Yamaha New Vixion, Harga Sama, Segmen Beda..?

Honda CB150R StreetFire, Harga Resmi Rp 22,35 Juta OTR Jakarta

Mesin DOHC Honda CB150R StreetFire Vs Suzuki Satria FU, Sama-Sama Efisien

Test Ride Honda CB150R StreetFire; Sasis Gesit, Mesin Agresif, Harga Kompetitif (Rp 22.35 Jeti)

Honda CB150R Street Fire, Harga Resmi Rp 22,35 Juta OTR Jakarta

Drag Bike Banjar, Satria FU Kalahkan SE 4-tak, Time 7.521 Detik

Honda CB150R StreetFire 2013, Memang Rangkanya Teralis..!



 

BAGIKAN