nhk

Honda CB150R StreetFire 2013, Memang Rangkanya Teralis..!

ManiakMotor – Tidak jauh-jauh dari tinjauan maniakmotor.com dalam membaca speksifikasi Honda Teralis. Saat dipamerkan di Jakarta Motorcycle Show (JMS), 31 Oktober 2012, ya, meleset dari  tampang tapi masih dekat-dekat dengan CBR150 sportbike. Yang ini ditelanjangi (naked bike). Astra Honda Motor (AHM) menyebutnya Honda CB150R StreetFire yang tidak disebut Honda Teralis. Rangkanya benar-bnar teralis dari anyaman pipa bulat. Ya, teralis yang kita kenal sebagai jeruji. Tentu saja pipa khusus rangka, bukan untuk pagar. 

Pada analisis terdahulu soal Honda Teralis, karakter akan berpengaruh pada speksfikasi mesin. Yang ada di JMS ini sepintas adalah cruiser. Terus, tampilnya telanjang yang lagi on sekarang. Ngetopnya sih street fihgter, kalau ini dibilang Street Fire. Wuiih… siap membakar jalanan tuh… “Harapannya sih begitu,” jelas Agustinus Indraputra, GM Marketing Planning dan Analys Division, PT. Astra Honda Motor.

Naked bike punya pedoman, mesin dan rangka adalah bagian  dari penampilan. Keduanya pasti akan tembus pandang. Dan rangka pipa seperti jeruji pada CB150R ini yang dimaksud Teralis yang diributkan, bisa mendorong penampilan. Eh… pak, nanti jangan salah ngelas, harus rapi. Bisa kelihatan terus terang tuh bekas las-lasannya.

Rangka macam ini lebih sering disebut tubular yang jadi patennya Ducati. Makanya Honda tidak bisa bilang tubular, tapi Teralis. Untung juga tidak disebut Honda Penjara, istilah di balik teralis, eh jeruji. Hehehe, nggak nyambung. Rangka zaman dulu, tetapi model kan hanya mengulang yang dulu juga. Tentu dngan modornisasi teknologi pembuatan pipa rangka.

Honda CB150R berlawanan dengan New V-ixion yang punya rangka kotak, namun sama-sama telanjang. Rangka pipa bulat CB150R kosisten dari komstir, main frame sampai subframe. Termasuk pipa yang memegang mesin. Lebih mantap lagi nih motor, bila lengan ayunnya pakai pipa bulat yang ‘dimainkan’, agar ‘nyambung’ dengan rangka lainnya.

Model telanjang, ongkos komponen bisa ditekan. Plastik-plastik yang membungkus motor lebih minim. Ongkos shampo buat cuci motor juga lebih irit, karena semua celah lebih mudah dibersihkan setiap saat. Itu untungnya naked bike.  Harga jualnya niscaya setara motor sekelas seperti Yamaha V-ixion. Karena lebih khusus lagi, CB150R akan head to head dengan New V-ixion.

Maaaf, ini berita terbaru; Terbukti saat diluncurkan 12 Desember 2012 dan beritanya sudah ada di maniakmotor.com, rangkanya malah sport sejati dengan rake atau sudut kemudi 25o. Nah silakan baca berita gressnya di BERITA TERKAIT.

Mesinnya sendiri injeksi Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Baru itu yang bisa dikorek soal mesin, karena di sirip (airscop) tertulis PGM-FI. Walau AHM belum mengeluarkan speksifikasi aslinya, boleh tebak-tebak buah manggis,  bore x stroke akan menganut angka yang sama (squere) atau hanya beda-beda tipis dari sini atau malah stroke yang diutamakan untuk kenyamanan.

Entalah bila sebaliknya dengan analisa ini, berarti ada teknologi mujarab pada mesinnya. Itu kalau sebaliknya yang katanya pakai mesin CBR150 dan rangkanya bikinan AHM sendiri. Walah, ruwet kan. Mesin asli CBR150 angka diameter silindernya lebih banyak dibanding stroke. Akan tetapi, mesin CBR150 itu, memang untuk saat ini tercanggih di kelasnya. (Dan terbukti rangka sport sejati yang dipakai dan mesin CBR sah-sah saja digunakan, nah yang ini baca lagi BERITA TERKAIT). 

Sekadar catatan setiap motor yang diproduksi di akhir tahun dia sudah disebut produk 2013, itu pakem di industri otomotif. Malah ada yang sudah dicetak Juni dan Juli disebut 2013. Makanya, Jakarta Motorcycle  Show  selalu diadakan pada bulan yang sudah berakhiran ‘ber’. Karena setiap produsen sudah membuat motor untuk 2013 yang siap dipamer. Nah, untuk Honda CB150R ini jadinya Honda CB150R StreetFire 2013. Adit

BERITA MOTOR BARU:

Honda CB150R StreetFire, Harga Resmi Rp 22,35 Juta OTR Jakarta

Test Ride Honda CB150R StreetFire; Sasis Gesit, Mesin Agresif, Harga Kompetitif (Rp 22.35 Jeti)

Honda CB150R Street Fire, Bepostur Proporsional Naked Bike

Yamaha New V-ixion, Tetap Oke..!

Modifikasi Honda CB150R Street Fire (Honda Teralis)

Honda BeAT Programmed Fuel Injection (PGM-FI) 2013

Launching Suzuki Let’s, Original And New Design

Yamaha YZF 250 R4 2013-2014, Katanya..!

Yamaha Xeon 2013, Injeksi, Bro..!



 

 

BAGIKAN