nhk

Honda CBR1000RR Fireblade 2017, suspensi Semi-aktif Elektronik, Bobot Lebih Ringan

 

 

ManiakMotor – Panas! Itulah suasana kompetisi di kelas motor gede alias moge saat ini. Baru beberapa hari Kawasaki menunjukkan gambar paten Z1000SXs (pengganti Z1000SX), kini ada situs membocorkan Honda CBR1000RR Fireblade 2017 baru yang akan diluncurkan tahun ini. Lengkap dengan daftar rincian perubahan signifikan pula, meliputi tenaga yang dahsyat, paket pengendara yang sama sekali baru, suspensi semi-aktif elektronik dari Ohlins yang semuanya dikombinasi dengan bobot lebih ringan.

Situs yang membocorkan gambar ini bukan main asal tebak buah manggis alias kira-kira. Mereka mendapatkannya dari berbagai sumber yang dekat dengan proyek, baik di dunia balap maupun motor jalanan. Intinya, Fireblade ini telah ditingkatkan lagi agar menjadi lebih kompetitif dengan pesaingnya.

Dengan mesin berkekuatan 175 dk dari versi lama,  jelas Fireblade kalah dengan kompetitor seperti BMW S1000RR yang punya tenaga 195 dk dan Kawasaki ZX-10R sampai 200 dk. Sementara situs ini berharap Fireblade yang baru bisa sekitar 180 dk dengan bobot yang sudah ditekan sampai 8 kg.

Cukup sampai di situ aja. Tidak! Honda coba memperbesar sistem ram-udara dengan didesain ulang airbox, kemudian sistem bahan bakar injeksi direvisi dan banyak dilakukan pekerjaan bertujuan mengurangi friksi mesin internal agar bisa meningkatkan tenaga.

Perubahan lain tampak dengan dilengkapi sistem kontrol elektronik dari Bosch yang menggantikan C-ABS system yang mempunyai berat sampai 10 klg. Sedangkan teknologi yang baru hanya 3,5 kg. Trus, sistem ABSnya lebih terkontrol halus, kontrol traksi, anti-roda terangkat, dan enak saat menikung.

Desain knalpot, terutama bagian dalam sudah diubah. Tujuannya, paling utama untuk memenuhi standar Euro4 karena jantung pacu Fireblade baru sudah disemati paket elektronik dari Bosch dengan Inertial Measurement Unit (IMU). Perannya, mengontrol traksi, juga ABS kala menikung, anti-roda terangkat, dan suspensi semi-aktif dari Ohlins. Suspensi ini sudah terpakai pada Ducati Panigale 1299 S dengan dua mode, yakni tetap dan semi-aktif.

Tampilan keseluruhan dari Fireblade menyiratkan sebuah evolusi ketimbang revolusi. Tapi, sampai jelang akan diluncurkan akan masih ada perubahan besar lain. Mari kita tunggu. Maliq 

BACA JUGA 

4 Skutik Bongsor Populer di Eropa, Honda PCX dan Yamaha Nmax Masuk 

Produk Baru : KTM Siapkan Adventure 800 Buat Libas Honda Africa Twin 

Begini Cara Honda Motor Mengasah Ketrampilan Mekaniknya 

Produk Baru: Ini Sosok Asli Honda CBR250RR. Mau Tahu Peluncuran Pertamanya di Dunia 

Produk Baru : Mata Sipit dan SerbaLancip Honda CBR250RR untuk Saingi Ninja 2016

BAGIKAN