nhk

Honda CG110, Nostalgia Tipe Lama

 

ManiakMotor – Dari modelnya memang mengingatkan gaya tempoe doeloe. Masih ingat kan Honda CG125 yang pernah tenar sejak 70-an sampai 80-an. Motor ini pernah bersaing dengan CB series di kelasnya. Namun sayang, kurang booming atau tertinggal oleh CB125 yang notabene satu merek.

 CG125 memang ada perbedaan pada penggerak chamshaft-nya. CG mengandalkan pushroad untuk memerintah klep masuk dan buang bergerak. Kemnya sendiri berhubungan langsung dengan kruk-as yang menggunakan gigi. Kem selanjutnya memerintah tungkai untuk mendorong klep, itu yang disebut sistem pushroad.

Kini muncul CG110 yang modelnya nyaris sama dengan CG125 yang lama. Munculnya pun  bukan di Indonesia, tapi nan jauh di sana dan jauh sekali, pak.  Tapi jangan khawatir, orang-orangnya sering ditamgkap polisi di Indonesia, hehe. Itu dia Nigeria di Afrika sana. Jauh kan…

Di sana, ya di Nigeria penjualannnya sudah  40.000 unit pertahun.Motor ini dirancang irit dan seperti di zamannya jika melewati janan yang ancak kadut dan ampun-ampunan di Nigeria sana. Harganya juga sangat manusiawi, dibandrol sekitar Rp 7,5 juta saja atau sekitar 630 USD. 

Pendukung lain mengenakan spion bulat, kenalpot dan behel belakang hitam doff. Bagian pengukur kecepatan pun masih terbilang jadul, model kotak. Tak hanya itu, spakbor depan  masih krom seperti CG yang dulu juga. Ah, jangan-jangan cetakan dari Indonesia yang dikirim ke Nigeria.Ghalib

BACA JUGA

Makin Penuh Jalanan Dengan Honda, Target Penjualan 4.7 Unit 2013

Kabar Penjualan Yamaha, Matik Tertinggi, New V-Ixion Tetap Kuat dan Vega Bersinar

Yamaha New Vixion, Paling Irit Di Sport 150 cc

Gathering With Media, Kawasaki Motor Indonesia Prepare Kantor Baru

 

 

BAGIKAN