nhk

Honda New Scoopy-i Club 12 2013; Roda 12 Inci Memang Lebih Empuk

ManiakMotor – Honda Scoopy kembali muncul dengan roda 12 inci di Thailand. Tahun lalu matik yang sama pakai roda seperti ini telah diluncunrkan. Menyusul dengan model terbarunya pada 4 Agustus dirilis AP Honda Thailand, roda 12 inci ini berhasil alias tidak ada keluhan dan diterima pasar di sana.

Nama resminya Honda Scoopy -i Club 12 yang dulu tanpa Club, tetap roda 12 inci. Walau 12 inci atau lebih kecil 2 inci dari Soopy yang dijual di Indonesia dan rata-rata matik kita, tapi dengan profil ban yang tinggi, soal gelinding roda seimbang dengan 14 inci. Sayang, dicari-cari spek ban dan velg-nya belum ketemu.

Sepintas karet hitamnya persis Vespa tipe LX150 3 Vie. Tapi milik Vespa diameter rodanya lebih kecil 1 inci dari Scoopy ini. Tinggi dan lebar ban bisa jadi sama.  Sebagai perbandingan Vespa menggunakan 120/70-11 di belakang dan depan 110/70-10. 

Dengan komposisi seperti itu, justru kaki-kaki malah lebih empuk. Empuknya ini memanfaatkan profil ban tebal. Benturan dari jalanan bisa diredam karet ban  bersama anginnya. Ya macam Vespa yang pernah di test ride portal ini. Ada lagi keuntungannya dengan ban yang lebar, menikung terasa percaya diri, karena permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal mediannya lebih banyak.

Produksi matik 12 inci ini terus disuntik Honda Thailand, karena itu tadi, diterima pasar, mungkin terbukti lebih empuk dan nyaman, persis matik Eropa berkapasitas sama atau lebih di bawahnya.

Walau ban besar dengan pengertian tebal dan tinggi yang bukan diameter,  teknologi injeksi PGM-FI sanggup memutarnya walau kapasitas cuma 110 cc. Soal mesin sih sama dengan Scoopy yang ada di Indonesia yang telah PGM-Fi, bedanya hanya roda. 

Model motor ini podo  dengan Honda Scoopy ST12 yang tahun lalu. Tapi ada update pada warna yang ceria ala Thailad yang manusianya periang. Juga ada combi brake dan kaliper rem untuk memaksimalkan pengereman pada roda gambot berdiameter kecil. Nah, harusnya roda macam ini dicoba produsen Indonesia. Tapi ingat ya, bannya di atas 110, bukan seperti ban matik sekarang. Malah dengan ban ini bagian kaki harmnonis dengan bodi yang kembung-kembung. Kiki

BACA JUGA

Motor Baru Dunia; Indian Chief 2014, Torsi Besar Di 3.000 rpm

Motor Baru 2013, Street Fighter, Bodi Tajam Sekalian All New

Motor Baru: Yamaha YZF-250, Importir Umum Tahu Duluan

New Kawasaki Estrella 250, 2014 Masuk Indonesia, Fotonya Asli..!

Suzuki New GSX-R750 2014 Spesial Edition Yoshimura, Mantap Tuh Kenalpot

 

 

 

 

BAGIKAN