nhk

Honda Racing Championhip (HRC) 2013; Spesifikasi OMR Honda CB150R StreetFire, Limiter Dibuka

 

 

ManiakMotor – Dalam Press Gathering Motosport PT AHM, Senin,4 Maret 2013, juga dipajang Honda CB150R StreetFire. Sepintas macam racing look pakai kenalpot racing dan kelir ala kebesaran Honda kompetisi; merah, biru dan putih.

CB150R contoh jadi atau sesuai speksikasi sebenarnya yang dipakai di Honda Racing Championship (HRC) 2013 atau one make race (OMR) Honda yang kelas CB150R termasuk di dalamnya. Juga nantinya dipakai di IndoSpeed Race Series di Sentul.

Versi OMR CB150R, motor disediakan AHM. Jadi, peraturan speksifikasi mesinnya sama semua. Ini model balap mengutamakan keterampilan pembalapnya. Ya, macam Asia Dream Cup (ADC) di ARRC yang melombakan CBR250. “Peranti-peranti ergonomiknya menggunakan racing,” jelas Anggono Iriawan, manager motorsport AHM.

Misalnya jok dibikin lebih tipis, sokbreker depan diturunkan, setang ditekuk ke bawah, pijakan kaki digeser ke belakang dan lebih tinggi, karena menggunakan pijakan kaki kompetisi. Ya, kalau tetap pakai pijakan kaki standar, itu namanya JJS, bro. Juga, pakai pipa pelepas gas buang kompetisi merek Over Racing Japan.

Kenalpot ini belum bisa diceritakan, karena nyaris tak terdengar  bunyinya di Indonesia.  Kalau frame slider sudah bisa diulas, karena fitur penting. Fungsinya mecegah benturan langsung ke sasis bila motornya glosor. Karet hitam FDR race type, ya ban kompon balap.  Mesinnya gimana, bro? “Mesin standar. Hanya pakai program piggyback untuk mengatur ulang mapping injeksi,” tambah Anggono.

Tau nggak piggyback, brosist? Ini semacam kotak kecil yang isinya komponen elektronik. Fungsinya untuk mengacaukan sensor-sensor standar ECU pada CB150R. Sengaja dibilang dikacaukan, karena dengan alat ini limiter pembatas rpm akan bebas, karena kekacuan, hehehe. Katup pada throttle body juga akan menganga banyak. Hasilnya adalah, motor yang kencang dari standarnya. Apalagi didukung kenalpot racing.

Nah, kalau sudah ada piggyback-nya pada motor ini, artinya versi harian juga bisa pakai. Tapi, namanya limiter dibuka, daya tahan mesin tidak dijamin sepanjang yang pakai pembatas. Silakan tanya ke AHM langsung. Adib

BERITA TERKAIT:

HRC 2013 (OMR Honda), Ada Kelas CB150R StreetFire, Balapan Full Frame

Honda CB150R StreetFire, Langsung Ada OMR Di IRS Sentul

Honda CB150R StreetFire (Standar Pabrik), Di Drag Bike 10.307 Detik (Chodox)

BAGIKAN