nhk

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Cimahi; Dadan-Wahyu Kuasai Kualifikasi, 240 Starter, Wow!

ManiakMotor-Honda Racing Championship (HRC) seri-2 di sirkuit Brigief II, Kujang 15, Cimahi, Jabar (16-17/8) mencatat rekor starter, yakni 240. Wow untuk ukuran one make race. Memang 75 di antaranya adalah peserta di kelas matik, maklum saja penjualan matik di wilayah ini mencapai 80,1% dari total penjualan 74.453 unit hingga bulan Juli 2014.

Atas dasar itu kelas matik telah memulai babak penyisihan di hari ini atau Sabtu 16 Agustus. Beberapa kelas lain baru  babak kualifikasi. Kejutan justru datang di HRC1 atau Honda Tune-up 125 cc Seeded. Diikuti 30 starteer, HRC1 menempatkan Dadan Alamsyah dari tim Honda KYT Gudang Garam TBK Daya Telkomsel FDR Federal yang tercepat dengan 58.722 detik.

Dadan yang dari namanya pasti orang Jabar itu lahir di Garut. Ia sukses menggeser Willy Hammer (Astra Motor Racing Team Yogyakarta) dilap-lap terakhir. Di awal nama Willy seolah tak tergeser di posisi pertama. Willy mampu memperbaiki catatannya, tapi tetap saja tak bisa lampaui Dadan dengan gap 0.056 detik. 

Arif atau akrab disapa Setep, mekanik  Blade Dadan dan Antok yang pegang Blade Willy sepakat, layout sirkuit  memainkan putaran menengah-atas. Itu lantaran 8 tikungan kiri dan 4 kanan, tetap didominasi 3 straight alias trek lurus dengan panjang 160 meter. “Ini hasil evaluasi HRC2, power bawah dikuatin, atasnya malah hilang. HRC1 lebih main atas dengan set-up ulang mapping pengapian. Timing dibuat lebih tinggi atau naik 0,4o  dibanding sebelumnya pada rpm tinggi (10-12 ribu),“ sebut Antok.

Sayangnya dikualifikasi HRC1, injeksi Honda Daya yang dikorek Suhartono alias Kupret belum berhasil. Blade yang dipecut I Gede Arya Kurniawan alias Ucil itu powernya seperti tertahan, meski pada latihan di posisi ke-6. Di kualifikasi hanya ke-9 dengan gap 0.664 detik dari yang tercepat.

Katantanya sih masih ada peluang di race day esok, termasuk hasil kualifikasi HRC2. “Saya instruksikan pembalap untuk tetap konsentrasi. Ini baru kualifikasi,” bilang Rawal Lasut, pemilik tim Honda Daya KYT Daytona IRC yang hadir langsung. Semjentara, duet Wahyu Widodo-Ucil berhasil tercepat dikualifikasi HRC2 atau Honda TU 110 cc Seeded.

Hasil ini memang sudah diprediksi, apalagi Kupret tetap mempertahankan basis korekan IP Sentul lalu. Kuncinya, ada pada profile kem yang lebih gemuk, “Durasi dipatok 270o, tapi kali ini ada perubahan pada rasio gigi 4 yang sebelumnya 21/25 jadi 22/25. Sentul lalu minta yang close,” rinci Kupret. Ardel

BACA JUGA

Hasil HRC Cimahi, Bandung, Jabar, 16 – 17 Agustus 2014

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Cimahi; HRC Tour, Skill Vs Etika

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Jelang Cimahi; Blade Injeksi Daya Vs ART

Jelang Honda Racing Championship (HRC) 2014 Cimahi; Tribute Denny Triyugo#96

 

 

BAGIKAN