nhk

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Cimahi: Race-1 HRC1, Anto Is Back, Knalpot WRX/Per Klep Yoshimura!

ManiakMotor – Ekspresi kecewa tampak di muka Suhartono alias Kupret mekanik Honda Daya Daytona  IRC. Bagaimana tidak, Blade injeksi karyanya nyaris memberi kejutan naik podium. I Gede Arya Kurniawan alias Ucil yang menggunakan korekannya sempat bertahan pada posisi ke-3 hingga lap ke-17 (25 lap).  Artinya,  powernya memang menjanjikan, ”Piston macet, lantaran ketinggian kompresi. Ini bongkar ulang dan kompresi diturunkan,” sebut Kupret yang tetap optimis di race 2 nanti. Buktikan!

Berbeda M. Nurgianto  atau akrab disapa Anto dari tim Honda Banten FDR Nissin. Pembalap asal Jakarta itu mampu juara satu sekaligus podium pertama Anto bersama Honda Banten musim ini. Wah lama puasa dong. Anto yang start dari grid 8 itu mampu memanfaatkan kesalahan Owie Nurhuda (Honda Oei Kukuar IRC).

Owie memang sempat memimpin di lap-lap awal, tapi baru jalan 3 lap rider asal Bandung itu justru jatuh di depan publik sendiri pada tikungan terakhir. Menyadari arti pentingnya podium pertama buat tim, Anto coba bermain konsisten. Pembalap berkepala plontos itu memang berhasil menjaga ritme, bahkan meninggalkan cukup jauh Willy Hammer (Astra Motor Racing Team Jogja) di posisi kedua.

Serupa dengan Anto, Willy pun butuh menang untuk membangkitkan pede-nya. Kualifikasi kemarin, pembalap asal Pinrang, Sulsel itu kedua. Seperti yang ditulis sebelumnya, bahwa Anto Fast Tech yang tangani Blade Willy coba memainkan timing pengapian dengan menggeser 0,4o lebih maju. “Juga set-up  gigi rasio, terutama gigi 2, dibuat lebih berat satu mata,” urai Anto.

Tentu paling menarik korekan Blade Anto yang ditangai mekanik senior bernama Munthe. Basis korekan sama dengan IP Sentul lalu, kompresi 11,9: 1 dengan duarasi kem 273o-274o. Komposisi ini pas untuk putaran menengah  umumnya digunakan di sirkuit dadakan.

“Kem seperti itu butuh per klep yang pas. Lalu seimbang dengan gas buang, salahj satunya hitungan knalpot. Per klep pakai Yoshimura dan knalpot WRX. Per tahan pada temperatur tinggi. Dan knalpot bisa membantu turbulensi gas buang tetap stabil,” bilang Munthe seraya menyebut dimensi per klep panjang 30 mm, diameter 28 mm dan berulir lima. Ardel

BACA JUGA

Hasil HRC Cimahi, Bandung, Jabar, 16 – 17 Agustus 2014

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Cimahi; Rce-1 HRC2, Muis-Wawan Tribute#96 Denny Triyugo

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Cimahi; Dadan-Wahyu Kuasai Kualifikasi, 240 Starter, Wow!

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Cimahi; HRC Tour, Skill Vs Etika

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Jelang Cimahi; Blade Injeksi Daya Vs ART

 

BAGIKAN