nhk

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Purwokerto; HRC Tour Bersama SMK

 

ManiakMotor – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) basisnya memang diarahkan pada dunia industri alias dunia kerja. Aneka bekal pengetahuan teori dan praktek diberikan lewat kurikulum sistematis yang jadi tenaga kerja. Sama dengan SMK 75 2 Purwokerto, Jateng, sekolah  memiliki 21 kelas ini mengarahkan siswanya pada dunia nyata, bukan dunia lain.  

Seperti HRC (Honda Racing Championship) Tour, ada 80 siswa SMK75 diberi pengetahuan tambahan. Ternyata oh ternyata, menjadi pembalap dan mekanik andal pun juga disebut industri. “Bekerja di industri sebagai karyawan, tetap orientasinya tak lain adalah upah. Pembalap juga profesi dengan pendapatan menjanjikan,” yakin Wawan Hermawan, pembalap Astra motor Racing Team yang didaulat memberikan pengalaman jadi pembalap bersama Honda.

Wawan  dari hasil balap bisa mendirikan SMK itu juga bilang, khusus SMK Otomotif akan lebih memudahkan. Lulusannya sudah memiliki dasar kerja mesin. Mereka tak kesulitan menyesuaikan dengan pekerjaan. Artinya langsung bisa digunakan jasanya bagi yang memerlukan. 

Tentu tak mudah, dibutuhkan ketekunan dan kerja keras. “Anak muda dan kebut-kebutan adalah dua hal tak terpisahkan. Lewat acara inilah ada pemahaman bahwa balap hanya ada di sirkuit. Bukan di jalan raya, selain membahayakan diri sendiri juga orang lain,” bilang Sugeng Budiarto dari Departemen Racing Astra Motor Honda (AHM) seraya menyebut bahwa AHM punya kepedulian pada dunia racing tanah air.

Bicara balap memang tak sekedar bicara kebut-kebutan.  Di sana ada skil dan disiplin fisik yang sehari-hari diitempa. Tentu  juga ada mekanik. Mekanik punya pola pikir yang bagus. ”Jadi mekanik andal cita-citaku, lewat HRC Tour ini menambah wawasanku soal motor bakar,” komentar Bagas, salah satu peserta kelas XI dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), SMK75.

HRC wadah yang tepat untuk aktualisasi diri menjadi pembalap dan mekanik andal tadi. HRC  ajang balap yang tetap mengutamakan teknikal dan safety. “Honda punya piramida menuju pentas balap dunia. HRC adalah sebagai awal, saat ini AHM  punya 6 pembalap bertalenta menuju balap dunia seperti Gerry Salim, Wlman Hammar, Denny Triyugo, Dimas Ekky Pratama, Andi Gilang, dan Aditya Pangestu,” sambung Sugeng.

Program AHM yang terarah sejak dini, bukan tidak mungkin akan lahir pembalap dan mekanik Indonesia yang berkiprah  dunia. Selain pengetahuan balap, peserta juga menerima pengetahuan tentang teknologi ban dan injeksi Honda (PGM FI). “Bahwa ternya proses kerjanya dimulai dari input (sensor), proses (ECM) dan output (injektor).  Juga adalah self diagnostic (MIL) lewat jumlah kediipan lampu sensor,” tutup Egi, peserta lain. 

Mantap deh! Ardel

BACA JUGA

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Jelang Purwokerto; Euforia Honda Dari MotoPrix!

Honda Racing Championship (HRC 2014), Jadwal 8 Seri Ditambah OMR Main-Dealer

 

 

BAGIKAN