nhk

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Purwokerto; JJBB Bersama Blade 125 FI 15 Dk

ManiakMotor – Bukti nyata komitmen  PT. Astra Motor Honda (AHM) pada balap tanah air. Anak muda yang identik dengan kebut-kebutan tak berguna coba diarahkan pada wadah tepat dan aman. Bahwa balap yang benar di sirkuit, bukan di jalan raya yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Maka Jadilah Juara Bersama Blade (JJBB) wadah yang dimaksud, “Tahun ini antusias peserta meningkat. Total ada 156 peserta yang mengikuti tahap awal seleksi. Mereka adalah siswa SLTA. Mereka secara administratif memenuhi persyaratan, yakni izin orang tua dan  sekolah,” buka Thomas William dari Astra Motor selaku Project Leader. 

Tahap awal adalah seleksi tertulis untuk kemudian disaring menjadi 80 peserta. Itu setelah mereka terima materi Wawan Hermawan dan Denny Triyugo. Keduanya  pembalap profesional dari AHM selaku mentor. Materi awal ini berupa teori teknik dasar balap, pengetahun modifikasi motor balap, dan peraturan tentang balap.

Tesnya sendiri open book, selama materi silakan mendengar, mencatat dan menganalisa. Dari 80 peserta yang lolos tertulis tadi diminta mencoba motor, “Berdasarkan catatan waktu, attitude, rapi dan disiplin diseleksi kembali menjadi 20. Ya, memang sejak coba motor sudah dilengkapi transponder,” urai Thomas seraya sebut dari 20 untuk diseleksi lagi menjadi 10.

Nah, 10 pembalap itulah yang akan dilatih intensitif ikut Honda Racing Champinship seri perdana di GOR Satria, Purwokerto, Jateng, seri pertama 8 Juni kemarin. Program JJBB telah berlangsung sejak 2009 dan terus dikembangkan. Pada saatnya akan ada duta masing-masing wilayah untuk diadu pada grand final HRC tahun ini. JJBB direncanakan berlangsung di beberapa kota, khusus Jawa selain Purwokerto juga akan hadir di Jogja, Solo/Semarang dan Pati.

Dibanding tahun sebelumnya, pengembangannya pada spek Honda Blade yang digunakan. Tahun lalu pakai Honda Blade 110 standar (7 Hp), 2014 ini bersama Blade 125FI jadi 15 Hp. “Knalpot AHRS F4 New Model (Injeksi), ECU BRT, throthle body CB150R, dan klep Sonic yang membuat tenaganya meningkat,”sambung Hasyim Sonedi, manajer tim JBBB ini.

Perubahan itu adalah balapan yang makin menarik, meskipun 10 pembalap ini masih perlu menambah jam terbang.  Dari 10 pembalap Reza Hanum S asal Purwoekrto berhasil menjadi yang tercepat di final. “Pengalaman tak terlupakan. Memang sebelumnya pernah ikut balap di event kejurda, tapi lewat JJBB ini jadi paham karena ada matteri teori dan praktek,” bangga Reza pada AHM yang telah memberi ruang aktualisasi hobinya.

Mantap tuh! Ardel

BACA JUGA

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Purwokerto Race-2 HRC1; Milik Willy Dengan Blade Karbu

HRC 2014 Purwokerto Race-2 HRC2; Denny (Lagi) Lewat Blade Injeksi

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Purwokerto HRC2; Fadli Is Back, Duel IP Vs MP!

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Purwokerto Race-1 HRC2; Deny Pertama Disusul Fadli Dan Oky

BAGIKAN