nhk

Honda Racing Championship (HRC) Makassar 2013; Jadilah Jagoan Bersama Blade

 

ManiakMotor Dua kelas yang rame di Honda Racing Championship (HRC) di Trans Studio, Makassar, Sulsel, 29 September 2013, sesuai pasar di wilayah timur Indonesia itu. Yakni Honda Blade dan Honda Beat. Kalau Blade memang sudah wajib dibalapkan sampai ke IndoPrix.  Dari tipe ini meningkatnya peserta sampai 100 persen dibanding tahun lalu. 

Menurut Agoes Setiawan, manager marketing PT Astra International Tbk-Honda Makassar menyebutkan penjualan  tertinggi di wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, Ambon, keduanya tak tergoyahkan. Dari penjualan Honda 80.000-an unit per bulan, 11% dari dua tipe tersebut. Dan dua-duanya merajai peserta HRC di Makassar kali ini. “Peminatnya dari kaula muda,” tegas Agoes.

Unggulnya teknologi desain  bodi yang stylish dan sportilah jadi salah satu alasannya. Seperti yang diungkapkan Junaedi (18 tahun) dari SMA 16 Makassar, salah satu peserta dari 10 pembalap yang berkesempatan mengikuti kelas pelajar (baca : Jadilah Jagon bersama Blade). Lantaran sudah memiliki SIM dan izin orang tua, Junaedi pun diizinkan menaiki Bladenya saat sekolah. Dan ia buktikan dengan kurus singkat di sirkuit Trans Studio.

Ia ditonton ribuan kawula muda yang hadir membuktikan langsung di sirkuit dengan panjang 950 meter, 9 tikungan itu. Memang yang diadu adalah sesama Honda. “Eit, jangan salah! Saat ini aku punya rangking di motoprix region 5. Bukti kolo Blade kompetitif,” sebut  Tedy Tuahatu dari tim Honda Lilo AK Federal NHK FDR TDR FIM Bone.  Tampak race 1 dan 2 di kelas  125 cc  tuneup terbuka (HRC1), Tedy tak tertandingi.

Muh. Salam atau akrab disapa Lilo AK selaku mekaniknya menyebut soal korekannya. Katanya dengan basis mesin stroke 56,6 mm Blade memang cocok untuk pasar senggol macam Trans Studio ini.  “Tenaga bisa diraih  setiap rpmnya. Karakter motor yang tidak liar enak dipakai semua karakter pembalap dan sirkuit,” sebut doi pada Blade-nya yang diberi kompresi 12,2:1 dengan bahan bakar Pertamax Plus.  

Itu pada level profesional, pemula khususnya pelajar juga disentuh dengan motor standar showroom.  “Hanya dengan sedikit perubahan, Blade bisa dikendarai siapa saja, termasuk pemula seperti pelajar ini. Blade bisa dipakai untuk pembinaan hobi balap di kalangan muda yang belum tentu mereka jadi pembalap seterusnya. Ini hanya pembuktian,” kata Ronaldo Widjaja, kepala wilayah main dealer setempat.

Pertanyaannya jika di Makassar startegi ini jitu menggaet konsumen produktif, macam mana di daerah lain? “Apa pun jika memang bagus dan cocok untuk kota-kota lain akan diterapakan. Tunggu saja tanggal mainnya,” jelas Anggo Iriawan, Manager Safety Riding & Motosport PT Astra Honda Motor (AHM).

Mantaplah. Ardel

BACA JUGA

Hasil HRC Makassar Sulsel, 28 – 29 September 2013

Honda Racing Championship (HRC) 2013 Makassar; Anti Clockwise, Starter Naik 100 %

Honda Racing Championship (HRC) 2013 Makassar; Jadilah Jagoan Bersama Blade!

One make Race Honda (HRC) Jelang Makassar; Wilayah Timur Punya Cerita!

BAGIKAN