nhk

Honda Racing Championsip (HRC) 2014 Medan; Dicari Macam Andi Gilang, Ayo!

 

ManiakMotor-Andi Gilang memang tak hadir di Honda Racing Championship (HRC) putaran-7 (non seri) Medan, Sumut pada 18 – 17 November lalu. Tapi salah satu pembalap muda potensial Honda itu hangat diperbincangkan.  Ini terkait dengan program pembinaan rider bertalenta oleh Astra Honda Motor.

Berawal di Honda Racing School (HRS) 2010, bakat pembalap kelahiran Makassar 14 Agustus 1997 itu  terpantau. Jelas diringi prestasi di event balap motor. “Termasuk di HRC. HRC dan program lainnya adalah jenjang. Dari sini akan kelihatan skill dan terutama kerja keras pembalap. Andi menunjukan progress itu dan lanjut ke Asian Dream Cup, Supersport 600 cc di IRS dan tahun depan dia di Asia Talent Cup,” kata Anggono Iriawan, Manajer Safety Riding & Motosport PT Astra Honda Motor (AHM).

Motivasi itu bikin pemula yang ikut di sirkuit eks. bandara Polonia, Medan menjadi antusias. Mereka muda dan punya dasar. Ya paling tidak, dasar nyali alias berani macam orang Medan. Contoh Afiey Mawazier (Capela Honda FIF NHK Racing Team), M. Darihaq (Honda Indako NHK FDR Racing Team) dan Andrian Aritonang (Honda Indako FDR NHK SSS Tim T7VRT).

Ketiganya terlibat persaingan sengit di HRC3 (Honda Tune Up 110 cc Pemula) dan HRC4 (Honda Tune Up 125 cc Pemula). Dari dua race yang berlangsung, Afiey dan Darihaq berbagi podium pertama di dua kelas itu. “Paling utama berani dan semangat. Soal teknik menikung yang belum sepenuhnya dikuasi, itu nanti berkembang sesuai instruktur mereka,” saran Suhartanto alias Kupret, mekanik papan atas IP yang hadir di HRC Medan.

Menarik bakat pemula seperti mereka. Lalu au dibawa ke mana? Mengingat HRC seperti ini di Medan hanya sekali dalam satu tahun. Padahal namanya bakat butuh rutinitas bertanding. “Eiit… jangan salah. Selain HRC nasional, khusus Sumut juga rutin menggelar HRC lokal, ada 3 seri. Di sisi lain, kejurda dan klub event di Sumut juga jalan. Itu ditambah MotoPrix Region Sumatera,” jamin Gideon Budiharjo, Marketing Manager Indako Trading.Co main dealer Honda wilayah Sumut.

Gideon juga sebut memfasilitasi tim-tim binaan mereka berlaga di Motoprix region Sumatera. Ya lanjutan program disebut tadi. Gideon bilang itu sejalan market share Honda mencapai 76,6% per Agustus ini di Sumut. Maksudnya, selagi jualan laku, namanya balap juga jalan terus sekalian pembinaannya.

Menanggapi itu,Anggono Iriawan memastikan bahwa tanpa memandang dari region manapun akan diberikan kesempatan yang sama untuk level up. Khusus wilayah Sumatera untuk beberapa tahun ini ‘kalah’ produktif dibanding region Sulawesi. “Histori Sumatera juga punya tradisi kuat menghasilkan pembalap top,” jelas Anggono.

Wah,ada tantangan tuh! Mendengar itu, M. Darihaq yang asli Aceh itu antusias, “Dalam waktu dekat akan ikut program racing school di Jawa. Tak ada pilihan,barometernya masih di sana,” semangat bocah 16 tahun yang tahun ini finish di peringkat ketiga MP 3 dan MP4 region Sumatera.

Semangat! Ardel

BACA JUGA

Hasil HRC Medan, Sumut, 15 – 16 November 2014

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Medan; David Vs Kupret, Jam Terbang Mekanik!

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Medan; Sentilan New Blade 125!

Honda Racing Championship (HRC) Tour 2014 Medan; Edukasi Berkendara Pada Usia Produktif

Honda Racing Championship (HRC) 2014 Medan; Starter Bertambah, Teknologi Racing Satu Hati!

 

BAGIKAN