nhk

Honda S90Z, Asli Man…!

 

ManiakMotor – Detilnya beda dengan motor setipe yang tahunnya lebih muda. Honda S90Z ’69 masuk ke Indonesia dalam bentuk CBU (Completely Build Up). Beda dengan varian 1971 ke atas yang CKD (Complety Knock Down). CKD artinya masuk ke Indonesia dalam keadaan terurai dan CBU dalam keadaan untuh dari prinsapalnya, Honda.

Speksifikasi itu  yang bikin Agus Waluyo memberlakukan motor ini lebih dari manusia. Wah, jangan dong. Manusia tetap berharga dari motor, sehina apa pun dia. “Jika dibeli baru pada zamannya, ngga cuma dapat motor, juga dengan peti pembungkus,” kelakar Agus yang lahiran 1989 ini di Purwakarta, Jawa Barat. Tuh motor lebih tua 20 tahun..

Motor ini lungsuran dari kakaknya, Agus. Kakaknya sendiri sedang asyik merestorasi Holden. Sedang, adiknya masih sekolah. Pona’annya masih bayi. Pokoknya, coba tampil se-otentik  aslinya. Bodi dicat dengan warna asli motor yang hanya keluar dengan biru, merah, dan hitam itu. Yang ini biru. Iya tahulah, tuh fotonya besar-besar masih dibilang juga.

Keluarga doi memiliki toko cat yang terkenal di Purwakarta. Maka motor juragan cat harus lebih kinclon. Barulah disusul ornamen orisinal. Mulai sayap yang lengkap dengan dudukan aslinya, lampu depan plus cincin, dan spidometer.

Juga lengkap dengan braket map di bagian atas spidometer. Itu lumayan unik. Maklum, dulu belom ada notebook dan flash disck. Saat itu yang dibawa-bawa map. Pembawanya berambut gondrong. Celananya lebar di bawah dan ketat di paha. Lagunya, Koesplus. “Kebetulan didapat  yang keluaran Koba Japan, sudah agak berkarat,” cocor mantan road racer ini.

Tak kalah unik plastik penahan kaki untuk boncenger. Maksud plastik persis di atas pijakan kaki belakang ini, agar kaki tidak disikat jari-jari roda. Part ini sudah sangat jarang, sungguh beruntun Agus yang ramah ini bisa mendapatinya. Sama dengan anak kunci, rumah kunci kontak dan setang yang orisinal. “Masih banyak pe-er nya, kaya anak sekolahan. Sakelar lampu juga masih pakai punya Honda CB,” ungkap Agus.

What a nice ride. Adit

BERITA TERKAIT:
Skydrive Pelek Gambot Ban Jumbo
Honda S90Z, Asli Man…!
Yamaha Vixion, Chopper Jarang Di Darat
Modif Matik Edan-Edanan..!!!
Modifikasi Sehat, Honda New Megapro 2011 
Modifikasi Honda Blade, Pemenang IndoPrix Kenjeran
Modifikasi Vixion, Beda Buntut Dan Muka
Modifikasi Honda Dream 305 1972, Nyali CR
Modofikasi Ninja 250, Pelek Hayabusa Limited


 

BAGIKAN