nhk

Honda Sonic 150R: Parameternya Tentu Saja FU150, Bahan Kebut-Kebutan

 

ManiakMotor – Apapun yang disodorkan Honda Sonic FU, eh salah, maksudnya Sonic 150R, parameternya tetap saja Suzuki FU150. FU sudah melegenda di Indonesia. Untuk menantangnya jelas yang dilihat bukan bodinya. Tapi postur kaki-kakinya dan terutamanya mesinnya.

 

Dari teaser sih Sonic 150R, posturnya Sonic FU bangat, eh seperti FU. Monosok belakang dan suspensi depan dengan sokbreker teleskopik panjang.  Macam motor laki yang membedakan tinggal pakai rangka tulang bawah alias underbone, ya bebek.

Sebenarnya, motor kayak geetu untuk Honda sih sudah ada sejak 90-an. Tapi saat itu bermesin 2-tak, yakni Honda Nova Dash 125 dan yang versi 110 cc-nya adalah Honda Tena.  Kedua motor ini sangat ngetop di Asean. Keduanya tangguh pada mesin tegaknya dengan pendingin radiator.

Anggap saja kaki-kaki sudah sama dengan FU, konsumen di line-up bebek 150 dengan mudah melacak mesin. Ya, semoga Sonic 150R juga mempunya mesin yang tangguh  seperti pendahulunya macam Nova Dash dan Tena. Kalau untuk mesin 4-tak yang dituntut DOHC yang ditambah dengan injeksi. Kalau injeksi FU sudah kalah tuh.

Eeeeit ntar dulu bro. Di kelas ini juga ngaruh karakternya. Disebut karakter tentu soal torsi, power band sampai soal top speed yang bersamaan dengan handling. Belum lagi sampai ke arena balap, entah pakai injeksi atau karbu yang dilihat yang menangnya. Saat ini sih parameternya di drag bike, ya FU yang merajai. Bila sudah sering mengalahkan FU, artinya Sonic-nya berhasil. Kalau masih kalah, ya geeetu deh.  Gampang to. MM

BACA JUGA

Honda Sonic 150R; Nggak Laku Kalau Masih SOHC

BAGIKAN