nhk

Honda Vario Techno 125 PGM-Fi (2013), Irit Sampai 20 Persen Dengan ISS

 


ManiakMotor – Fungsi Idling Stop System (ISS) untuk mengurangi bensin terbakar sia-sia saat bermacet ria. Mesin dibuat tiba-tiba mati di tengah berkendara saat gas ditutup dan sempat konstan. Karena ISS telah diprogram pada putaran mesin tertentu akan memerintah pengapian berhenti bekerja. Misalnya dipatok pada 800 rpm dalam keadaan indling. Jika 800 rpm ini dalam tiga detik tidak bergerak, mesin akan mati sendirinya. Terus akan hidup ulang saat selongsong gas diputar. Pintar memang.

ISS ini yang akan dipasang pada Vario Techno 125 PGMFi 2013 terbaru. Sebelumnya ISS sudah ada di matik premium Honda PCX 150. Dengan teknologi ISS ini  Vario terbaru akan hemat 20 persen. Nah hitung sendiri saja, bila Vario saat ini diklaim per liter bisa menempuh 52 km. “Tunggu saja Mas,” kata Sarwono Edhi, Senior Analyst Technical Service Division AHM lewat SMS. Pertanyaan ini melayang ke Pak Edhi, karena portal ini mendapat undangan launching dalam waktu dekat dari AHM. Entalah apa itu motornya? Atau malah Tiger Injeksi?

Pokoknya dalam tulisan ini hanya mengamati ISS. Bahwa teknologi yang tergantung sepenuhnya pada ECU (electronic control unit) itu sangat efesien menabung energi.  Setela ECU yang terintegrasi pada ISS membaca sensor dalam keadaan diam dan rpm terpatok pada angka idle tadi, mesin akan mati dengan sendirinya.  Ketika gas diputar juga tak butuh energi yang banyak untuk menghidupkan mesin dalam sepersekian detik.

Ya wajar-wajar saja, dengan ISS bensin akan lebih irit. Tetapi, jangan khawatir ISS tidak akan aktif alias mesin mati sendiri bila motor dalam keadaan berjalan. ISS juga terintegrasi ke ECU yang membaca motor dalam keadaan diam. Maksudnya, ISS akan mematikan mesin saat membaca idle 3 detik tadi dalam keadaan motor berhenti, bukan dinamis. Bahaya dong bila ISS mematikan mesin sembari melaju saat gas ditutup sampai rpm terendah. Ya tunggu saja. Adib

MOTOR BARU LAIN:

Honda Vario Techno 125 PGM-Fi 2013, Akan Pakai Teknologi ISS

Yamaha TTX 2013, Matik SuperMoto, Kepergok Lagi Ditest

Honda All New Tiger 2013, Taringnya Kian Dekat

 


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353