nhk

MotoGP, Pedrosa Diintai Di Sirkuit Cepat Aragon

ManiakMotor – Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo terus melatih pekanya set-up motor dan keterampilan  di sirkuit cepat. Terutama lagi pada srkuit yang belok kiri melulu. Kondisi itu yang bikin tes resmi MotoGP di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, pada Selasa – Rabu (4-5/9) ini punya daya tarik. Biasanya mah tes beginian dianggap biasa.

Menarik, karena latihan ini untuk menghadapi sisa seri di lima sirkuit berkarakter cepat, kecuali Valencia yang rada pelan. Kali ini Pedrosa jadi intipan karena telah memangkas jarak tadinya 37 poin jadi 13 poin. Misi pengejaran yang bikin ngeri, Gan! Bikin hati Lorenzo sekarang deg-deg serrr. Sekali saja DNF, poin bisa berbalik. 

Dan Aragon sudah cepat, pula tikungan banyak kiri. Sirkuitnya berlawanan arah jarum jam (anticlokwise) yang telah dibuktikan Pedrosa juara di sirkuit kiri di Sachsenring dan Indianapolis. Di sirkuit cepat seperti Brno, Pedrosa juga bikin terkejut-kejut Yamaha. Jadi, alasan Honda getar nggak masuk akal, lha wong kencang dan juara kok?

Lorenzo saza makin dag-dig-dug dengan kecepatan mereka. “Saya tahu, Pedrosa makin rapi bermain tikungan kiri dan dia makin berani,” puji Lorenzo pada lawannya tersebut. Ya, iyalah, dalam ilmu dasar balap yang diajarkan paling utama adalah memuji lawan, sportif maksudnya. Di benua lain, kalau kalah banyak alasan, motor begini, begetu, bagana. Di MotoGP hormati lawan dan hargai guru… nggak nyambung bro.

Maka, Lorenzo akan melanjutkan tes sasis agar mampu melayani dan melumpuhkan Pedrosa di sirkuit model begitu. Dalam tes serupa di Sirkuit Brno lalu, ia belum merasa klop dengan sasis itu tapi oke dengan remnya. Ditambah  menguji performa barang-barang baru pada faktor stabilitas di sirkuit cepat.

Jika sasis gresnya membawa nilai plus, pastilah Lorenzo akan memakainya pada GP Aragon di pengujung September nanti. Jika tidak, ya balik ke sasis lama. Repot amat, ya! Toh, Yamaha sudah punya data mutakhir berkat tes sebelumnya di Aragon.

Kurang lebihnya, itu pulalah tujuan Pedrosa. Ia mantap dengan mesin dan sasis 2013-nya. Ia dan kubunya tak lagi utak-atik area itu, tapi menggunakan sesi ini sepenuhnya melatih naluri membalap yang bagus. Soalnya, ia tak ikuti tes sebelumnya di Aragon (sebagai pengganti Estoril yang batal karena hujan lebat). Kala itu Repsol Honda memboikot karena Bridgestone tidak menyertakan ban depan spesifikasi baru untuk dicoba.

Meski diikuti rider lainnya, fokus perhatian tetaplah pada Lorenzo dan Pedrosa. Keduanya pasti saling intip lantaran GP Aragon nanti amat krusial dalam menentukan gelar juara musim ini. Yang lain mah hanya pelengkap. Sayang, Ducati dan The Doctor-nya tak ikutan dalam sesi ini. Seperti sebelumnya, mereka lebih suka menyendiri dan kali ini pilih tes di Mugello, Italia. Andro

BERITA TERKAIT:

Catatan MotoGP, Apa Itu Sirkuit Cepat, Mas?

Waduh, Tiket MotoGP Susah Dijual

Tes Brno, Lorenzo Masih Kuciwa M1 2013

Jelang MotoGP Ceko, Hati-Hati Lorenzo, Pedrosa Mengejar..!

Fakta MotoGP Brno, Pedrosa Tekuk Lorenzo Di Tikungan Kiri

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353