nhk

HRC 2013 Malang; OMR Honda CB150R StreetFire, Mesin Dan Sasis Lincah

 

 

ManiakMotor – Memang baru  Astra Honda Motor (AHM) yang membalapkan motor tipe sport di sirkuit dadakan. Bukan asal, karena disesuikan dengan spesifikasi Honda CB150R StreetFire yang jadi one make race (OMR).  Kapasitas 150 cc dengan hanya alat menaikkan performa electronic control unit (ECU) dan ganti kenalpot racing, sudah aman di pasar senggol.  

Telah diperhitungkan lokasi (sirkuit) yang ideal buat lombanya. Seperti seri dua Honda Racing Championship (HRC) di sirkuit Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, 9 Juni 2013, CB150R terbukti aman dan lincah. 

“Bukan sekadar menunjukkan hebatnya CB150R, juga unsur pembibitan diperhatikan yang selama ini terpaku pada bebek. Semua itu, tidak mengabaikan safety,” jelas Anggono Iriawan yang di AHM jabatannya  Manager Safety Riding And Motosports Division.

Honda CB150R yang dipakai di Malang, persis yang dilombakan di IRS (Indospeed Race Series) di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Misalnya pakai piggy back pengecoh ECU untuk menaikkan limiter pengapian dan memperkaya campuran Pertamax Plus pada nosel injektor. Juga kenalpot racing yang pasti free flow ala kompetisi, foot step racing agar pembalap bisa merebahkan motor dan ban FDR tipe racing agar lengket ke aspal.

Ke-15 starter yang terdaftar di OMR ini jadinya sama kencang, tinggal urusan joki mengeksekusi ke-11 tikungan Kanjuruhan yang panjangnya 1.100 meter. Para pembalap yang usianya dibatasai sampai 20 tahun ini, saat latihan aspal kering, mereka sebut CB150R malah lebih lincah dari bebek.

Hujan saat lomba pun tenaganya bisa diatur lembut. “Motornya nurut mas di tikungan-tikungan berdekatan. Berarti agresif,” kata Aditya Pangestu, pembalap pemula dari tim Honda Daya KYT Walini Federal Oil Showa Golden.

Ya pasti lincah dong. Spesifikasi Honda CB150R memang untuk itu. Didapat lewat mesin dengan bore dan stroke  (63,5 mm x 47.2 mm), lalu revisi bukaan kem lebih maju 50 dibanding CBR150.  Ditunjang mesin DOHC (doble over head chamshaft). Pindah-pindah giginya rata dan rapat, karena ada 6 percepatan.

Nih yang paling menentukan lincahnya,  rangka teralis yang diawali sudut kemudi (rake) 250. Angka itu di Indonesia untuk line-up sport 150 cc, hanya CB150R yang menggunakannya. Kemudi semi kompetisi untuk selap-selip dan zig-zag macam balap.

Dibatasinya umur peserta karena AHM merencanakan jangka panjang, “Bisa dibilang ini seleksi untuk ke jenjang lebih tinggi. Tipe sport dipakai untuk membiasakan para pembalap lebih dini kenal di basic motor balap sebenarnya,” tambah Anggono.

Ke-15 pembalap gesit melibas belokan-belokan khasnya trek dadakan. Padahal lomba berlangsung di trek masih basah. Hanya ada satu pembalap yang tidak finish.  Artinya, Honda CB150R StreetFire mudah dikendalikan sekalipun di trek sempit. Adit

BACA JUGA

Hasil HRC 2013 Malang, Jawa Timur, 8 – 9 Juni 2013

HRC 2013 Malang; Petinggi AHM Kenal Nama Setiap Pembalap

HRC 2013 Malang, Bocah Kemarin Sore Kembali Naik Puncak Podium

HRC 2013 Malang Race-2 Bebek 110 Seeded; Hamer Satu Hati

HRC 2013 Malang Race-1 Bebek 125 Seeded; Juaranya Rookie Dari Bandung

BAGIKAN