nhk

HRC 2013 Malang, Ubah Image Balap Motor Di Sekolah

 

 

ManiakMotor – Astra Honda Motor (AHM) yang punya hajat Honda Racing Championship (HRC) 2013, menggunakannya sebagai sarana pengenalan safety riding pada siswa SLTA. SLTA yang mendapatkan kesempatan meet and great adalah SMA Negeri 1 Kepajen, Malang, 8 Juni 2013. Karena seri-2 HRC juga berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, Jawa Timur, 8 – 9  Juni 2013

Tour mengendara aman ini dutanya pembalap Denny Triyugo Laksono (Astra Motor Racing Team). Di aula sekolah yang dipenuhi 100 orang siswa dan siswi, pengantar utamanya product knownledge mengenai teknologi PGM-FI pada motor Honda yang ramah lingkungan.

Lantas dilanjutkan dengan teori safety riding yang ada hubungan dengan  image balapan motor yang cenderung ke arah negatif. Selalu dikaitkan dengan balapan liar. “Padahal balapan motor profesional patut ditiru unsur keselamatannya. Misalnya soal penggunaan helm, jaket dan sepatu wajib ditiru berkendara sehari-hari,” jelas Denny seperti guru di depan murid-murid peserta.

Benar juga sih. Bedanya dengan balap liar, push-up saja mungkin pembalap liarnya nggak bisa. Apalagi disuruh olahraga fisik yang teratur untuk menjaga staminia. Satu lagi, pembalap liar lebih berani nggak pakai helm. Sementara, pembalap profesional pakai helm abal-abal saja dia keberatan, apalagi tanpa helm sama sekali. Itu bedanya.   

 Materi safety riding lanjutan adalah mengenal karakter dan fungsi-fungsi alat motor. Misalnya matik, bila direm harus diiringi menutup gas. Terus kalau bebek, harus menurunkan kecepatan bersamaan dengan pengereman. Sedang sport bila melakukan pengereman mendadak, rem dulu yang dipencet diiringi kopling dan menurunkan kecepatan.

 Seputar itu yang jadi obrolan dan tanya jawab siswa dan anggota tour safety riding dari AHM. “Paling utama juga mengenal kondisi lalu lintas yang setiap hari dilewati,” kata Denny. “Saya jadi tahu, balapan itu tidak hanya membutuhkan keberanian, tapi juga disiplin dan penguasaan motor yang erat hubungannya dengan safety,” timpal salah seorang siswa.

Anggono Irianwan menjelaskan, banyak yang salah sangka bahwa asal mula para pembalap Indonesia berasal dari arena balap liar, “Padahal pembalap seperti Denny memulai kariernya dari balapan resmi. Dirinya bisa piawai di balap motor karena menguasai teori dan praktek safety riding. Kegiatan ini setidaknya bisa membuka pandangan murid-murid SLTA untuk tidak terlibat di balap liar,” kata Anggono,  selaku Manager Motosport And Safety Riding Astra Honda Motor (AHM). Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil HRC 2013 Malang, Jawa Timur, 8 – 9 Juni 2013

HRC 2013 Malang; QTT Diganggu Hujan Deras

Honda Racing Championship 2013 Malang; Uji Lincah CB150R Di Trek Dadakan

Honda Racing Championship Jelang Malang; Mempertaruhkan Nama Tim



BAGIKAN