nhk

HRC 2013 Seri 1 Tangerang; Megahnya One Make Race Honda, Siang Dipasok Listrik 50.000 Watt..!

 


ManiakMotor – Ini trek dadakan yang tebuka, tapi di mana-mana adem. Asli nyaman, 80 tenda (booth) itu bikin asyik melaporkan jalannya event seri pertama One Make Race (OMR) Honda atau Honda Racing Championship 2013 (HRC).  Tenda-tenda yang didirikan di kawasan jalan Pemda Tigaraksa, Tangerang, Banten untuk kebutuhan sirkuit dan acara pendukung lainnya, menggunakan penyejuk ruangan berkekuatan 5 pk. Mantap… pantas reporternya hampir ketiduran di sirkuit, nggak mau balik.

Tenda-tenda di event yang berlangsung 27  – 28 April 2013 hanya bagian penunjang, bukan menu utama proyek OMR PT Astra Honda Motor. Ya utamanya promosi lewat balap dan bersama acara tambahan. Tenda untuk panggung musik, booth safety riding, sales, spare part, sampai aktivitas untuk anak-anak pun ada tendanya. Nah isinya lebih penting dari pada tendanya tersebut.

Itu demi balapan HRC. Memang, wilayah sirkuit dan entertain adalah dua konsep yang berlainan, tapi tujuannya sama. Sama-sama entartain untuk menggoda konsumen agar selalu Satu Hati.  “HRC sudah jalan 11 tahun. Setiap tahun dikembangkan,  tetap acara utamanya balap. Supaya tidak garing harus ada kegiatan penunjangnya,” jelas Andra Friandana, Promotion Head Marketing Department PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer Honda wilayah Jakarta-Tangerang.

WMS di acara HRC  sebagai official committee (OC) yang urusannya soal kecantikan dan meriahnya acara. Tentu saja di luar balapan yang juara dan kalah semuanya Sayap Tunggal. “Yang berkaitan dengan racing itu, pekerjaan AHM atau pusatnya.  Sedang acara tambahan selalu diberikan pada main dealer,” timpal Agustinus Indraputra, GM Marketing and Analys PT.AHM.

Pelaksana lomba sampai sekecil-kecilnya tanggunjawab Anggono Iriawan Cs dari  divisi Motorsports AHM. Ini divisi telah memilih FR Action Event yang dikomando Faryd Sungkar  di lapangan dan terkenal sentuhan apiknya sejak pasar senggol itu ada di Indonesia. Dia punya orang otaknya kejurnas balap motor yang sekarang jadi MotoPrix dan IndoPrix.

FR Action  bertindak sebagai race committee (RC). Tersedianya pencatat waktu plus sensor start pembalap dari dalam mobil trailer, alat digital pedeteksi suhu aspal dan data sekitar untuk acuan settingan, adalah urusan RC. Di dalamnya rapinya puluhan ribu karung dan balon udara di setiap tikungan. Konsep ini disebut kerjasama, masing-masing divisi bekerja untuk satu tujuan, yaitu menciptakan tontonan balap yang menarik, “FR Action sejak OMR Honda pertama kali sudah terlibat. RC-nya dikembangkan sesuai arah balap motor modern,” tegas Farryd yang bukan orang Padang, Sumatera Barat, tapi masih turunan padang pasir.

Koloborasi itu menghasilkan event yang bermutu. Memang sih  erat dengan promosi. Toh, namanya balap semua untuk promosi. Pembalapnya unjuk skill agar tetap dikotrak tim, kalau bisa berjenjang sampai balap prototipe. Tim pakai ilmu teknologi korek supaya ke depan terus dapat sponsor, juga dikotrak Honda. Pabrikannya berpromo nantinya motornya laku. Termasuk media peliput. Itu namanya industri, brosist.

Dana yang digunakan AHM setiap seri sudah bisa dilacak dari tenda-tenda dan tutur kalimat di atas. Bayangkan saja, acaranya siang tapi disuplai listrik 50 ribu watt. “Itu untuk menunjang  paddock, AC dan sebagainya. HRC ini kan ajang riset, tim dan pembalap harus nyaman. Wartawan juga agar bisa menulis dengan bagus riset mereka. Di samping itu pengunjung bisa menikmati hiburan lain yang variatif,” tambah  Andra.

Sssst katanya lagi, katanya terus nih, lha kan portal ini bertanya, bukan ngarang. HRC ini sampai sampai menghabiskan dana Rp 1,8 miliar untuk sekali event. Itu sama dengan 130 unit Honda Beat PGM-Fi.  “Betul, kan tadi Mas tanya sama saya. Itu termasuk untuk billboard 5 titik, baliho 3 titik, panggung utama, 80 tenda tadi dan lokasi. Pokoknya termasuk balapannya dan bayar pekerja berikut keamanan di sini,” tutup Andra yang pakai topi dan kacamata Hitam ala gaya masa kini itu. Mantap bro.

Berarti pembuktian Honda mengalokasikan dana sponsorhip dari MotoGP ke balapan nasional untuk pembibitan. Kan tema HRC ‘Where Champions Are Born’, itu nyambung dengan penjenjangan balap Honda dari kampung sampai dunia. Berikut jadwal HRC di kota selanjutnya, Medan 5 Mei, Malang 9 Juni, Banjar Baru 30 Juni, Purwokerto 25 Agustus, Makassar 29 September, Tegal 3 Oktober, dan Final di Jawa Barat 17 November. Siap-siap deh. Adib

BERITA TERKAIT:

Hasil HRC Tigaraksa, Tangerang, 27 – 28 April 2013, Semua Sesi

HRC 2013 Seri 1 Tangerang, Ada Ilmu Balap Dan Mekanik Untuk Pelajar..!

Honda Racing Championship 2013, Seri 1 Tigaraksa, Serba-Serbi Anak-Anak Mewarnai.!

HRC 2013 Seri 1 Tigaraksa; Persiapannya Nggak Kalah Dengan MotoGP, Asli..!

BAGIKAN