nhk

Husqvarna 250: Keluaran 1971, Dibanderol Rp 5,8 Milyar. Mau?

ManiakMotor – Sekilas motor trail klasik ini sama saja dengan motor lainnya produk 1970-an. Menjadi super istimewa karena ini peninggalan almarhum Steve McQueen, aktor  top Hollywood yang terkenal dengan julukan The King of Cool.

Buat sampeyan yang masih muda-muda, sekadar mengingatkan saja kalau McQueen ini adalah pemeran utama film The Towering Inferno, The Great Escape, dan The Magnificant Seven untuk menyebut tiga dari banyak film-filomnya yang bertstatus box office. Ia juga tercatat sebagai aktor termahal dunia pada 1974. Sayang ia meninggal dalam usia relative muda, 50 tahun, pada 1980.

Meski ngetop top banget dan punya banyak duit, almarhum seorang biker sejati seperti sampeyan. Koleksinya justru motor-motor ’biasa’saja. Bukan mobil-mobil sport kelas premium seperti sejumlah OKB (Orang Kaya Baru) Indonesia yang sumber kekayaannya jelas dari sumber yang nggak jelas hehehe.

Pada 2011 salah satu koleksi McQueen, Husqvarna 400 Cross produksi 1971 dilelang untuk kepentingan amal. Hasilnya, pecah rekor dengan harga USD 144.500.

Kini, ya saat ini Bro, satu pacuan lainnya dilelang bersama sejumlah barang kenangan McQueen lainnya seperti kacamata dan jaket di rumah lelang Invaluable Action. Motornya produksi 1971 juga, Husqvarna 250 Cross. Harga awalnya dipatok USD 50.000 atau setara dengan Rp 5,8 milyar dengan nilai kurs rupiah yang masih gonjang-ganjing nggak terurus. Yang urus itu pada ngapain ya?

Tak disebutkan apkah motor itu sempat mendampingi McQueen dalam bermain film atau tidak. Tapi, disejelaskan kalau ini motor yang suka dipacunya di trek Lake Elsinore untuk bertanding dalam kelas khusus. Juga disebutkan, pacuan ini dalam kondisi baik dan sudah direstorasi. Sebagai bonus, pemenang lelang akan mendapatkan kuitansi asli pembelian motor itu pada 1971 yang dulunya hanya berharga USD 898.

Mau!? Andro

BACA JUGA

Yukie; Turing Lintas Negara Pakai Honda Bebek, Anak Kantoran Fokus Safety Riding

AHM Dukung Pengembangan Kampus, Donasikan Mesin Produksi dan Motor Ke ITS

 

BAGIKAN