Impian Marc Marquez Terwujud di Honda RCV213V 2024? Tes Shakedown Sepang Bicara Set Up Bobot, Kaki-kaki, hingga Geometri

Maniakmotor.com –  Ada pengubahan yang katanya sih cukup signifikan di Honda RC213V versi 2024.

Misalnya dari segi body. Bukan fairing yak bro, body itu di balap ketika mengacu  pada bagian bibit-bobot kaki-kaki, suspensi, hingga geometri (jarak sumbu roda, dan tinggi sokbreker depan belakang).

Sebenarnya sih itu udah rencana pengubahan lama. Kalau ingat, dari tahun 2022 ini udah diminta Marc Marquez untuk menyaingi Ducati.

Ya artinya, Honda kudu berterima kasih juga walau doi ngeprank dan pindah ke Ducati. Tuh buktinya Joan Mir jadi senang.

Karena menurut Joan Mir, Honda RC213V 2024 punya banyak hal yang berbeda dari aspek-aspek tersebut.

“Jujur saya sangat senang. Ini pertama kalinya saya bisa merasakan perbedaan sejak saya tiba (di Honda). Motornya benar-benar bekerja lebih baik,” kata Mir dikutip dari Crash,

Mir menjabarkan sembari tersenyum, Honda RC213V 2024 mengalami berbagai peningkatan, dari aspek bobot, pengereman, termasuk jarak sumbu roda. Ya urusan kaki-kaki dan geometri yang artinya masuk ke fine tuning.

“Apa yang bisa saya rasakan (langsung) adalah motornya lebih ringan,” bilang Mir.

“Pengeremannya juga sedikit lebih baik, tekanannya sama (saat pengereman keras) tetapi sekarang Anda mengerem di titik yang berbeda. Ini membantu saat bermanuver,” ujarnya.

Tentu dengan kaki-kaki yang berubah, ada perkembangan juga dalam hal gripnya. Ya artinya udah gak gampang high side lagi seperti di Mandalika 2022 atau seri-seri 2023.

Itu kata juara MotoGP 2020 yang dulu pakai Suzuki tersebut. Dengan ubahan body Honda RC213V 2024 memiliki grip ke aspal makin mantap.

Dari set up body yang oke, otomatis mesin Honda RC213V 2024 juga dapat revisi karakter. Menurut Mir, Honda RC213V 2024 makin ngurus alias anteng di putaran bawah.

Hal ini juga diungkap mantan joki Ducati, Luca Marini. Boleh bilang, adiknya Valentino Rossi itu sudah dapat feeling hampir sama seperti Ducati.

“Kami mencoba beberapa set-up baru, menggerakkan (keseimbangan) motor. Motornya, jika Anda melihatnya, sedikit lebih besar dari yang sebelumnya. Feeling itu mirip di Ducati,” tutur Marini.

Oh iya, ada ubahan juga ya bro di bagian elektronik. Walau masih dirahasiakan di bagian mana, tapi yang jelas feelnya berasa untuk Marini.

“Jenis elektronik yang kami miliki tahun ini, saya pikir kami dapat melakukan sesuatu (untuk bisa ditingkatkan),” kata Marini..

“Itu salah satu hal yang saya minta untuk Sepang (tes pada bulan Februari). Ada margin untuk melakukan itu sekarang karena cengkeramannya sedikit lebih baik,” timpal Mir.