Drag Bike BSD, 4-Tak 250 CC Campuran 7.418 Detik, Bisakah Dilewati FU..?

 

 

ManiakMotor – Catatan Campuran 4-Tak s/d 250 cc memang dinamis. Rekor yang tadinya 7.521 detik, dipertajam FU Bima jadi 7.481 detik di Banjarnegera, Jateng, minggu lalu. Pada penyisihan BSD City Drag Bike, Tangerang, Banten, 24 Februari, kembali sangat dipertajam jadi 7.418 detik. Disebut ‘sangat’ karena memang singkat ukuran 65 seperseribu detik di drag bike.   

Kelas yang jadi FFA-nya 4-Tak ini, juga Suzuki yang memecahkan rekornya.  Tetapi, bukan si Susy yang kerap kelihatan di jalanan, brosist. Ini special engine Suzuki RMZ250F yang memang 4-tak. Ini motor garuk tanah yang empat tahun lalu dipakai pemilik tim Dimas 20 AHRS Yong Motor (DAYM) untuk latihan fisik di arena motocross.

Kan pemilik DAYM adalah, Dimas Ekky Pratama, pembalap supersports 600 cc Indonesia yang tahun ini memperkuat Honda. “Tadinya juga saya yang sering pakai di drag untuk iseng. Tetapi, sekarang diserahkan pada joki yang memang untuk drag. Di event ini dijoki Imam Ceper,” tutur Dima yang mendampingi timnya di BSD ini.

“Saat kondisi tertekan sekalipun special engine mudah dikendalikan. Meski power besar, namun ini motor bisa stasioner seperti motor standar. Setiap rpm dinaikkan, sama naiknya dengan tenaganya. Jadi, saat start tidak perlu tinggi-tinggi amat putaran mesinnya, karena rentang tenaganya lebar,” timpal Ceper yang membandingkan jika pakai  Satria FU yang  kencang di jalan raya. Tapi kalau mau kencang di drag, ya FU harus dikorek habis-habisan, membuat power-band-nya sempit. Gas tak boleh salah sikit.

Seperti yang diutarakan Iyong Mustopa selaku mekanik dari timnya Imam. Katanya, ini motor  seperti kondisi aslinya. “Paling hanya suspensi yang rebound-nya diperlambat. Itu sesuai tipikal suspensi aspal. Lebar tapak ban juga ditambah, supaya nggak banyak spin,” kata Yong pada motor yang mencetak waktu tercepat di penyisihan karena aspal masih kering alias belum hujan.

Tetapi, motor ini sudah sering saling mengalahkan dengan FU konstestan 250 campuran. Bahkan di Banjar Petroman akhir tahun lalu pernah disapu FU Sapuan yang juga ikut di BSD ini. Hanya saja, FU Sapuan cukup puas dengan 7.742 detik yang digeber Cendy Gerry. “Saya kurang maksimal membaca lampu start, harusnya saya bisa buka gas lebih awal,” kata Cendy yang tak bisa membalas karena sorenya aspal keburu basah. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi Drag Bike BSD, 23 - 24 Februari 2013

Hasil Drag Bike Magelang, Jateng, 24 Februari 2013

Drag Bike BSD, FFA Hanya 7,399 Detik Dari Hasil Penyisihan, Lintasan Basah

Drag Bike Magelang 450 Starter, SOHC 200 cc Punya Kelas Sendiri, Hendra Kecil Dikabarkan Meninggal

Drag Bike Banjarnegara (Pecah Rekor), Tendangan FU Bima 07.483 detik..!

 

 


Written by Admin
 
Ohlins
Ohlins