Drag Bike Kebumen, Regulasi FU Standar, Ini Racikan Juaranya!

 

ManiakMotor  - Otak regulasi FU Standar di Jateng punya alasan mengubahnya. Katanya aturannya lebih longgar karena hasil kompromi dengan para pelaku FU standar. “Mereka  memang menginginkan begitu, dari pada main ‘kucing-kucingan’ lebih baik sekalian dibuat bebas,” jelas Boenarto yang berambut lurus dan berkulit putih dan sudah puluhan tahun jadi pemeriksa teknik. Nah dialah otaknya.

Kem bebas, rasio bebas, kruk-as bebas, piston bebas, dan rocker-arm bebas seperti tarung babas, dong?  “Rasio misalnya, jika disebut standar maka scrutnya harus bongkar mesin. Ini lebih fair, ketimbang regulasi mengatakan standar tapi nggak pernah dicek,” sebut Om Bun yang juga berterus terang untuk kapasitas doi punya toleransi hingga 155 cc sesuai mentoknya pergantian piston. Nah lo!

Singkat kata kelas FU standar, ya sekadar nama saja. Masih kata Om Bun, regulasi PP IMI memang tak ada untuk kelas standar FU. “Jadi, wajar bila setiap daerah punya ‘adat’ masing-masing, dan inilah gaya FU standar Jateng,” sambungnya. Ya, apalagi di Thailand pasti lebih nggak ada lagi. Wkwkwkkw..

Husss... meski biaya riset dan bikin motor  naik, tapi kelas ini tetap diminati. "Event ini tercatat ada 85 starter FU standar yang terbagi di FU standar lokal, FU standar open dan OMR FU standar saja,” sebut Andreas Indiel selaku penyelenggara drag bike di Kebumen, Jawa Tengah, 10 Maret 2013 lalu.

Bikin penasaran juga macam apa setting jagoan di kelas ini. Misalnya korekan Santosa alias Cebleng  dari tim Anugerah Lophe-Lophe dan Manuk Teler. FU-nya podium dik FU standar dalam tiga kategori tadi. “Kompresi bermain 12,8:1, bahan bakar bensol. Angkatan klep (lift) untuk in 7.2 mm dan ex 7 mm. Rasio standar, tapi mumpuni karena reduksinya sudah termasuk rapat dengan lima percepatannya,” rinci Ceblenk sambil sebut durasi kem 240o. Bah, standar kaleee itu.

Prediksi Om Bun, yang juga diamini Ceblenk, kem memang jadi kuncian untuk FU standar selain porting. “Diameter lubang porting  in 28 mm, ex 24,5. Karbu malah standar pabrik dengan pilot dan main jet yang masih standar pula,” tutup Ceblenk yang sepertinya udah ngantuk jadi kalo brosist yang masih penasaran, silakan kirimkan pertanyaan di kolom komentar.

Walah! Ardel

BERITA TERKAIT:

Hasil Drag Bike Kebumen, Jateng, 10 Maret 2013

Drag Bike Kebumen, 500 starter, Ada OMR RX-King

Drag Bike Kebumen: Newcomer FU Omponk..!

 

 

 


Written by Administrator
 
SYS
Ohlins