Modifikasi Hela Moped, Motor Inspirasi Jepang

ManiakMotor – Hela dulunya terkenal pembuat motor dan sparepartnya. Belakangan, merek dari Jerman dan tulisannya jadi Hella ('l'-nya dua)  ini lebih fokus pada  suku cadang otomotif, terutama lampu. Padahal motor buatan mereka sebelum perang dunia ke-2, jadi insipirasi Jepang bikin motor. Lihat saja bebek dan bentuk motor ini, mirip Yamaha V75 dan Honda C70.

Yang ditulis ini buatan Jerman 1983, kakek kita belum lahir tuh. Motor koleksi ini dibangun ulang sekaligus dipoles oleh Lawless di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. “Di Amerika sebutannya motorvelociped, atau motor pedal.  Motor sperti ini dijadikan koleksi wanita. Malah ada klubnya sendiri yang bernama The Gaskettes,” bilang yang membangun motor ini beranama Yusuf Abdul Jamil (Ucup).

Segera dibikin model cafe racer (CR). Alasannya, CR tanpa merusak motor, sehingga antiknya tidak terhapus. Hanya jok, setang serta kenalpot yang dimainkan. Hasilnya motor memang lebih segar dari tahun buatannya. Tua-tua keladai, eh, keladi. Makin toku makin jadi.

Ini motor gabungan transmisi matik dan pedal. Zaman dulu saking susahnya bahan bakar, bila habis, silakan digenjot. Ya genjotnya seperti sepeda angin. Tapi kalau dilihat bobotnya, bisa gempor penggenjotnya. Dulu pedal ini juga sebagai starter sekaligus pijakan kaki. Simpel memang...

Kapasitas mesin hanya 50 cc, menggunakan rantai  penggeraknya. Pada bak mesin sebelah kanan, terdapat switch on off,  “Kalau mau olahraga menggenjotnya, tinggal mengaktifkan pedal,” sambung Ucup yang berkacamata itu.

Lantas siapa Cup cewek yang pakai ini motor? “Ini motor kepunyaan istri Sammy Bramantyo. Itu lho, personil grup band Seringai. Jadi sesekali motor ini akan dipakai riding,” tambah Ucup yang juga pandai merestorasi motor tua.

Bisa genjot nggak tuh kalau mogok? Adib

MODIFIKASI LAINNYA

Modifikasi Honda CB150R StreetFire, Lebar Peleknya 6 Inci

Modifikasi Yamaha Scorpio Z, Juara Dunia Superbike 2012

Modifikasi Yamaha Scorpio (Deus), Termahal Di Dunia, Rp 120 Jeti

Modifikasi CB650 Police 1980 (Jogja). Wrenchmonkees Rasa Gudeg

Modifikasi Honda New Megapro Grasstrack, Gradak Superbowl..!

Modifikasi Honda S90Z 1973 Jakarta, Jurus Merakit Besi Tua

 


Data Modifikasi

Ban depan          : Double coin 2.25-17

Ban belakang      : Swallow 2.50-17

Knalpot              : Custom

Setang               : Custom Clubman

Jok                    : Custom café racer

Lampu depan     : Custom lampu mobil

Lampu belakang  : Variasi

Pedal                : Welgo (sepeda)

Lawless             : Jl. Kemang Selatan 8, No. 67 K, Kemang, Jakarta Selatan.021-7192871 / 085714540979


Written by Admin