Modifikasi Honda Supra X125, Racing Look Rp 25 Juta

ManiakMotor – Memperbesar lubang as lengan ayun standar, agar arm model supertrak dapat terpasang di Honda Supra X125 ini. Kan nantinya akan diberi pelek lebih besar sebgai pendukung konsep modifikasi racing look. Racing look adalah modif gaya road race, bro. Aslinya sih buat motor sehari-hari. Mesin standar, hanya tampilan yang pakai variasi balap bebek.

Tidak perlu triping, biaya pura-pura balap ini sekitar Rp 25 juta. Itu untuk beli variasi dan silakan cek di data modifikasi. Hitungan ini sudah termasuk grafis sederhana pada bodi. Plus  ke bengkel bubut, untuk custom. Kemarin waktu kontes modifikasi di areal parkir Carefour, Bintaro, Tangerang, 29-30 Desember 2012, ini motor satu-satunya 'bebek kantor'. Yang lain, jejeran modifikasi kategori fashion standar yang diisi matik, sport, dan bebek yang bergaya ala 2012.

Regulasi kontes, mengharuskan piranti tetap standar. Tapi ya itu tadi, dengan membubut lubang baut as sesuai poros lengan ayun pengganti, Supra ini jadi pertentangan. Harusnya juara pertama, malah hasilnya tanpa gelar. Padahal tindakan itu dilakukan, karena minimnya variasi lengan ayun untuk Supra model bolt-on. Tidak pasti ukuran lubangnya, karena dikerjakan oleh Bang Soleh, tukang bubut sambilan. Selain itu, custom masih menyentuh rumah sidometer Koso,” kata Ivan Jeriko yang ikut di komunitas Honda Supra X 125 Community, chapter Tangerang.

Toh custom pada Supra ini tidak banyak ngaruh pada kenyamanan ketimbang versi standar. Malah, jadi super nyaman. Sama nyamannya dengan road race benaran yang telah dipasang perangkat suspensi termahal di Indonesia. Bila nggak nyaman menikung dan tiarap di trek lurus, mana bisa juara pembalapnya. Makanya jangan salah soal kenyamanan pada motor harian dan road race, brosist. Tapi nyamannya pembalap beda dengan pemuda berbadan gelap.  

Pendeknya, motor gaya balap yang tidak pernah turun di balap ini pemodifnya bukan Benny Djatiutomo dari Astra Motor Racing. Tapi sudah gado-gado. Malah kebanyakan sentuhan engkong atau encik yang jualan variasi Supra. Itu pun si engkong dan enci menyuruh anak buah untuk memasangnya. Sebab  modifikasinya sederhana, epektif,  tapi fungsional. Misalnya cover engine dari variasi Vixion yang bahannya fiberglass, dibuatkan tiga baut dudukan.

Pemilihan ban Metzeler yang rapi jali dengan sepatbor umumnya dipakai modifikasi aliran sport, eh  diprotes juga?  “Justru pakai ban kecil itu yang aneh. Kan kelasnya fashion standar. Artinya motor tetap enak dibawa jalan,” tambah Ivan yang tidak lain pemilik motor ini. Betul itu! Tapi bila ban kebesaran juga makin aneh, bro. Yang pas yang diperuntukkan untuk motor seukuran bebek rata-rata 90/80-17. Kurang jauh dan lebih bangat dari sini, itu sama saja nggak nyaman.

Modal  racing look ini sudah bisa beli Honda CB150R atau Yamaha New Vixion. Kalau betul-betul untuk road race MP1 dan MP2 tinggal tambah bikin mesin, hasilnya bisa beli tiga motor itu. Hehehe.... Adib


MODIFIKASI LAIN:

Modifikasi Jupiter Z, Balap Saja Kalah...

Modifikasi Yamaha Scorpio Z, Juara Dunia Superbike 2012

Modifikasi KTM Duke 200, Modal 10 Jeti..!

Modifikasi Kawasaki Ninja 250, Ninja Stiker 900 ribu

Modifikasi Honda Spacy Yang Rapi, Aliran Pemula


Data Modifikasi  
Ban depan : Metzeler 90/80-17
Ban belakang : Metzeler 100/80-17
Sok depan : Yoshimura
Sok belakang : Daytona
Cakram depan : Disc 3.5 mm
Cakram belakang : Daytona
Kaliper : KTC 4 piston
Footstep : Daytona
Arm : Supertrak
Jok : Custom MB Tech
Knalpot : CLD Monster
Spidometer : Koso
Kaliper belakang : Daytona
Stabilizer rantai : Monster
Cover engine : Custom Vixion
Volt meter : Koso
Handle : KTC
Spion : Black Diamond
Bak Kopling : Variasi

 


Written by Admin