Modifikasi Honda Tiger, Pakai Sasis CRF250R, Mudah Katanya..!

ManiakMotor – Disebut modifikasi Honda Tiger, mesin doang yang macan. Dibilang modifikasi Honda CRF, pakai mesin Tiger. Jujurnya sih modif CRF250 yang down-grade, karena malah pakai mesin harian. Aslinya CRF250R produksi 2004 pendobrak mesin four stroke special engine (SE) penggaruk tanah. Kalau begitu, modifikasi Honda Tiger CRF, dah.

Tunggu dulu, bila telah menggelinding di aspal, yang sah modifikasi Tiger. Kan punya surat-surat, ketimbang CRF yang khusus sirkuit tanah. “Lengkap surat-suratnya, pakai surat Tiger. Modifnya amat mudah. Tidak main las-lasan, hanya modal delapan bilah pelat yang tebalnya 2 mm,” cerita Ariawan Wijaya alias Ari, pemodifnya dari Baru Motor Sport (BMS).

Kira-kira semudah Ari bercerita pertukangan modifikasi yang sehari-hari dia lakukan. Entalah anak buahnya saat memasang mesin tersebut? Fungsi pelat disebut Ari untuk merangkai dudukan mesin asli dari sasis CRF ke mesin Tiger.  Mesin ditopang dan digantung dari empat penjuru. Dua pelat memegang  dari atas pada head, dua bilah pada bagian depan, dua belakang dan dua lainnya dari bawah mesin

Konstruksi dudukan mesin memang hanya begitu dan mesin langsung pas pada ruang mesin rangka CRF. Tapi kalau mau mudah lagi, silakan SMS atau telepon saja tukangnya. Panjang dan lebar pelat besi, sesuai desain ruang dudukan mesin CRF dan mesin. Baut-bautnya pakai standar CRF.

Memang mudah merangkai modifikasi mesin Tiger dan sasis CRF. Tapi mungkin tidak semudah dananya. Bayangkan saja, dua motor dibikin jadi satu. Satunya Tiger dan satunya lagi CRF, belum lagi suku cadang pendukung pada Data Moidifikasi. 

Menurut Ari, akan berbeda hasilnya bila menggunakan mesin di luar Tiger. Misalnya pakai mesin Yamaha Scorpio, harus buat pegangan baru pada sasis. Terus, pakai las alumunium, karena sasis CRF bahannya almu khusus rangka SE.

Bicara pemasangan sokbreker dan lengan ayun, nggak usah kalee ye. Lha wong aslinya sudah terpasang pada rangka CRF, kok. Sama juga dengan bodi plastiknya yang ringkas ala SE, juga sudah terpasang lebih dulu. Paling-paling Ari hanya menyesuaikan dengan roda yang sekarang versi supermoto. Toh, semua special engine sudah memiliki kit supermoto yang tinggal pasang.

Gak sampe 5 menit, nyalakan mesin, daaaar, sudah nembak tuh kenalpot. “Lamanya tergantung stok limbah motor gede (moge), tapi tahun ini dijamin aman,” tambah Ari, pengusaha limbah moge yang alamat lengkapnya di Jl. Palmerah Barat No. 25, Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang teleponnya ada di bawah tuh.

 Crak mein sengaja tetap hitam, agar ketahuan itu mesin macan. Mesin asli CRF warna almu. Adib

MODFIKASI LAINNYA

Modifikasi Honda Tiger, Harmonisasi Rangka...!

Modifikasi Yamaha Scorpio 2008, Sasis Dan Bodi Aprilia

Modifikasi Honda CRF250L, James Bond Aspal-Tanah

Modifikasi Kawasaki KLX 250, Supermoto Punya

Modifikasi Honda Tiger, Tiga Bahan Sekaligus

 

Data Modifikasi  
Ban depan : Diablo Supercorsa 120/70-17
Ban belakang : Diablo Supercorsa 190/55-17
Pelek depan : Marchesini 3.5 x 17
Pelek belakang : Marchesini 6.0 x 17
Sasis : Honda CRF 2004
Sok depan : Upside down CRF 2004
Sok belakang : Ohlins
Lengan ayun : CRF 2004
Bodi : CRF 2004
Setang : Renthal Twinwall
Handguard : Acerbis
Grip : Scott
Handle : ASV
Raiser : Universal
Knalpot : Pro Circuit
Master rem depan : Brembo
Master rem belakang : Devol
Master and clutch : Magura
Tutup tangki : LSV
BMS : 021-92925551 / pin bb : 32555bb3

Written by Admin