Modifikasi Yamaha Byson (Jakarta), Kenalpotnya Z1000

 

ManiakMotor – Sekalian kenalpotnya dicopot dari 'mbahnya' street fighter (SF) dan dipasang pada Yamaha Byson. Tujuannya, agar dia jadi jagoan jalanan, walau hanya penampilan.  Aslinya, itu pelepas gas buang milik Kawasaki Z1000 yang ‘mbahnya’ SF moge, tadi. Kenalpot ini hanya belakangnya yang dipakai, karena mesin asli Z100 empat silinder yang konfigurasi header-nya 4-2-1.

Sementara, mesin Byson bersilinder tunggal yang konfigurasi kenalpotnya 1-1-1-1-1-1-1, ya karena satu doang kenalpotnya, brosist. Leher kenalpot masih menggunakan asli Byson yang disatukan dengan las. Tabung kenalpot Z1000 desainnya segitiga yang serasi dengan penampilan SF. “Dari kenalpot ini, ide terus mengalir soal SF. Memang hanya memperbaiki tampilan Byson yang aslinya telah SF,” bilang Ariawan Wijaya yang punya Baru Motor Sport di kawasan Palemerah, Jakarta Barat.  

Bodi dan kaki-kaki disentuh sikit untuk mengimbangi penapilan kenalpot yang kinclong Lihat saja lengan ayun krom,  sokbreker depan up-side down dan pelek dicat hitam-putih. Pas lah dengan congor pelepas gas buang. “Kaki-kaki pemiliknya sendiri yang mengerjakan, BMS hanya bagian bodi,” lanjut Ari. “Variasi semua, cari sendiri muter-muter di Otista, Kebon Jeruk sampai Kelapa Gading. Harus semangat melacaknya demi modif, soalnya Variasi Byson jarang,” kata Dennis, si pemilik bercerita perjuangannya mencari kaki-kaki Byson.

Bodi dan tangki tetap pakai buatan pabrik Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Bedanya yang ini pakai pengaman agar tidak hamil. Maksudnya pakai kondom, brosist.  Kondom’ tangki dan deltabox yang sampai menutupi sudut rake pada komstir. Bahan kondomnya bukan elastis karena diramu dari resin, katalis, roping dan lem. Itu bahan dasar mecetak bodi fiberglass. Teknik ini bagi parbrikan disebut minor change.

Tapi yang ini lebih. Malah rumah lampu depan standar diisi dengan fog lamp mobil. Dengan begitu, motor ini bermata malaikat. Itu lampu custom proyektor. Cuma, rumah lampunya diberi batok yang modelnya futuristik. Sudut-sudut fibernya jali punya. Apalagi pakai setang kemudi yang lebar. “Tanpa merusak rangka, ya seperti ini jadinya,” tutup Ari.

Kayaknya kenalpot, kegeda’an Ri, sorry itu hanya kayaknya? Adib

MODIFIKASI LAIN:

Modifikasi Honda CBR 250 (Bogor), Kue Lapis Bro..!

Modifikasi Kawasaki Ninja (Jakarta), Pakai Swing Arm Ducati 848, Penggemar The Doctor

Modifikasi Yamaha Scorpio (Jakarta), Harusnya ‘Gene’ Scorpio 2013

Modifikasi Yamaha Vixion (Jakarta), Pakai Fairing R15, Teruskan..!

Modifikasi S&S Super Stock 1.600 cc (Jakarta), Cory Ness Style..!

 

Data Modifikasi  
Ban depan : IRC 100/80-17
Ban belakang : Corsa 150/60-17
Pelek : Variasi
Sok depan : Variasi upside down
Lengan ayun : Delkevic
Master rem depan : Aprilia
Setang fatbar : Two Brothers
Raiser : ZOX
Jok : Custom MB Tech
Grip : KTC Racing
Cakram belakang : Ride it
BMS : Jl. Jl. Palmerah Barat No. 25,
    Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
    021-92925551 / Pin bb 32555bb3

Written by Admin