Modifikasi Honda Verza 2013, Versi Trail Militer Dari AHM

 

ManiakMotor - Belok patah dengan Honda Verza, kaki pengendara tidak perlu turun. Setang bisa belok dengan radius putar minimum 2 meter dengan seimbang. Referensi itu yang jadi inspirasi modifikasi trail PT. Astra Honda Motor (AHM),  untuk dipajang di booth Honda di Pekan Raya Jakarta 2013 (PRJ).  Ditunjukkan pada konsumen,  Verza bisa tampil garuk tanah militer. Ya pasti  sangar untuk segala medan kan.

Rehabnya tanpa babat rangka, ganti tangki, beli swing arm dan pokoknya pertukangannya sedikit. Konsep trail juga matang. “Saya dan anak buah hanya mengerjakan kaki-kaki.  Pemilihan parts disesuaikan dengan tampilan,” kata Ariawan Wijaya, modifikator dari Baru Motor Sport (BMS) di Palmerah, Jakbar yang ditunjuk AHM sebagai operator.

BMS memang serba bisa, aslinya rumah modifikasi ini fokusnya pada kategori sport bike. Maka ditanya sokbreker depan, dia hanya bilang milik motor trail jaman dulu. Sokbreker sih memang megajak tongkrongan depan bisa jangkung ala trail.  Bisa jadi pakai Honda XL yang aslinya trail. Tapi entahlah, pokoknya pasang sok ini melibatkan bengkel bubut.

Pemasangan garpu itu sikit menyesuaikan dengan komstir asli Verza yang kecil. Maka diakali dengan bikin as komstir. Hasilnya seperti di foto itu. Sokbreker bisa dipasangi roda 19 inci ala garuk tanah yang lingkaran depan harus lebih besar dari belakang. Belakang sendiri 16 inci yang ditopang sokbreker GL-Pro. Tujuannya komposisi lingkar berbeda ini, agar roda saat injak-injak jalan kribo tetap stabil. Sokbreker tak banyak bekerja keras, itu maksudnya.

Tapi ini motor hanya pajangan di PRJ. Ban kembang tahunya belum dicoba untuk cakar-cakar tanah. Memang  enak dilihat, tidak terlampau tinggi, persis Honda XL. Apalagi ada tebeng penangkis benturan batu, tanah dan pohon di wilayah mesin.  Cocoklah dengan sepatbor motocross dipadu lampu Verza asli.

Setang pakai lebar model fat bar. Setang yang bagian tengahnya gemuk dengan handguard  Acerbis. “Sebanarnya di bagian kemudi, ada perangkat GPS. Sayang pintu kantor sudah dikunci, harusnya fotonya siang Mas. Itu cuma dudukanny,” tunjuk penjaga bengkel BMS kepada reporter.

Warna penting, kan untuk dipamerkan. "Dikirim ke Tommy Airbrush di dekat bengkel saya. Itu special cat di daerah sini, grafis juga bisa. Seperti Verza ini contohnya,” tambah Ari. Pantas namanya ikutan diganti jadi Honda VX-150T. Maksudnya Verza X 150 Trail versi tentara, kalau tidak salah. Bisa jadi benar, itu dudukan behel asli diganti besi 5 mm yang dirangkai, sebagai tempat menaruh helm. Adib

BACA JUGA

Modifikasi Honda Tiger Revo 2012 (Jakarta); Street Fighter

Modifikasi Yamaha New Vixion 2013; Hiii Brooo, Pakai Fairing Ongkos Rp 3 Jeti..!

Modifikasi Suzuki Satria F150 2012; Ganti Kelamin, Lebih Super Street Fighter

Modifikasi Kawasaki Ninja 250R (Jakarta); Jadi Cruiser, Pertama Di Indonesia…!

Modifikasi Harley Davidson FXR 1991 (Jakarta), Harley Davisdson And The Marlboro Man

Data modifikasi

 

Ban depan   : IRC Motocross 70/100-19    
Ban belakang   : IRC Motocross 90/100-16    
Pelek   : TK Racing 19x1.60 – 16x2.15    
Sepatbor   : Acerbis        
Hand guard   : Acerbis        
Setang   : Fat Bar Pro Taper      
Raiser   : BMS        
Sok belakang   : Honda Mega Pro      
Fairing bawah   : BMS        
BMS   : Jl. Palmerah Barat No. 25, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
      Telp 021-92925551 / Pin bb 32555bb3  

Written by Administrator