Modifikasi Jupiter Z Drag Bike; Korekan Eko Chodox Bebek 130 Cc

ManiakMotor - Kem Honda Karisma yang punya profile gemuk plus templar roller rocker arm kuncian  Jupiter Z ini. Istimewanya lagi, Jupie ini korekan Eko Chodox. Semua pelaku drag bike tahulah siapa Mas Chodox. Dia joki papan atas Indonesia soal kebut lurus. Tapi kok catatan motor ini kurang istimewa ya? Hanya 8,693 detik yang dijoki Chodox sendiri?

KEM MUDAH

Lihat saja hitung-hitungan Chodox from Semarang Jateng ini pada kem Honda Karisma yang katanya enak didesain. “Kemnya dicetak jadi berdurasi 278o. Tidak perlu hati-hati karena ‘daging’ kemnya tebal,” jelas Chodox pada motor milik tim  Moto Tech Peanut Factory asal Purwokerto, Jateng iitu.

Katanya durasi tersebut paling pas. Ya memang pas kan di tempat kem-nya, hehe. Chodox sembari menyuruh  hitung sendiri total durasinya. Caranya harus menambah dan menambah,. Nih yang ditambah-tambah, pertama  siklus 180o (proses motor bakar) ditambah waktu membuka 640 sebelum TMA, dan ditambah lagi saat menutup 34o sesudah TMA. 

Hasinya  memang 278 derajat tadi. Itulah waktu membuka kem saat lobe atau benjolan kem menonjok klep. Memang belum selama musuh-musuhnya yang bermain di atas 280 derajat. “Ini kan masih tahap awal riset. Masih butuh pengembangan untuk diatur lagi durasi kem membuka dan secepatnya menutup. Yang penting sudah tahu kem Karisma lebih mudah sebagai dasar mencarinya,” alasan Chodox.

 Flash File http://maniakmotor.com/images/IklanYamaha/yamahapromo.swf is not found

Enteng juga mengatur lift atau angkatan klep. Lift ini diracik bersamaan dengan derajat benjolan kem. Lift dan durasi itu dalam satu gedung, bro. Ah ngaco, itu sih lift angkut manusia turun-naik gedung. Sedang ini lift pada kem atau noken as yang pengertiannya sebenarnya sama dengan lift gedung.

Lift pada benjolan kem dbikin 9 mm untuk masuk dan buang 9,3 mm.  “Untuk sementara overlap 3,6 mm (in) dan 3,4 mm (ex). Semua kerjaan kem ini masih bisa ditingkatkan,” jelas Chodox yang bercerita terus soal riset.

KARBU REAMER SAJA

Cuma menurut Chodox yang  agak ribet justru saat pemasangan  kem pada tempatnya. Maklum, noken Karisma yang 'dipaksa' ke Jupiter Z. Sebab kem Karisma harus dibubut dudukan lahernya disesuaikan laher Jupiter. Belum lagi ada spiser agar sama dengan dudukan pada Jupiter.

Kem juga pas dengan rocker arm model templar roller. Katanya rocker arm atau sepatu klep model laher ini pakai merek CLD, harganya cuma  Rp 400 ribu. Kerja kem terbantu pergerakkan sepatu yang lancar dan eces. Kan model sepatu macam ini minim gesekkan.   

Menurut Chodox untuk saat ini karyanya baru setara korek harian. Korek-korekkannya belum ekstrem. “Ya, selain masih terus dikembangkan juga terus belajar meningkatkan lebih tinggi soal mesin 4-tak. Tapi kalau saya yang bawa, juara lima sih masih bisa dikejar, hehe,” kata Chodox yang barusan beli rumah baru di Semarang, hehe juga.

Benar saja, karburator masih pakai stadar Jupiter Z yang direamer sampai 23 mm. Karburator yang sebenaranya banyak digunakan untuk korek harian. Katanya sih dengan spek dari karbu itu, tanda ini motor bisa dikebut pedrag pemula sekaligus. Ardel

BACA JUGA

Modifikasi Jupiter Z Drag Bike; Power By Rpm, Quick Shifter, 8 Detik Bebek 130 Cc

Modifikasi Honda Karisma Drag Bike; Bebek TU 200 CC, Kruk-As Standar

Modifikasi Ninja 150RR Drag Bike; Rasio Berat 7,2 Detik, Sport TU 2-Tak 155 CC

Modifikasi Suzuki Satria FU150 Drag Bike; Standar Pemula

Modifikasi Yamaha RX-Z Drag Bike; Kenalpot YY-Pang 07.3 Detik, Sport TU 2-Tak 140 CC


 

DATA MODIFIKASI :          
Motor     : Jupiter Z    
Kelas     : Bebek 4 Tak 130 cc Standart  
Pembalap   : Eko Chodox    
Ban depan   : FDR 50/90-17    
Ban belakang   : Mizzle, 60/80-17    
Pelek depan   : willwood 1.20-17    
Pelek belakang   : Willwood 1.60-17    
Sok depan   : Jupiter Z Modif    
Sok belakang   : YSS      
Kompresi     : 13,8 : 1      
Volume buret   : 10 cc      
Piston     : Izumi 55 mm    
Diameter klep   : 26/22      
Karburator          
Busi     : Iridium      
Koil     : YZ       
Rasio     : 13/35, 16/28, Standart, Standart
             

 


Written by Administrator