Modifikasi Honda GL 100, Mini Chopper Titisan Empu Kediri

 

ManiakMotor – Lahirnya konsep modifikasi chopper aliran pro-street sebenarnya berasal dari Kediri, Jatim, hehe. Perancangnya meneruskan tradisi  seni pandai keris menjadi pandai modif kuda besi. Keris yang sempurna saja bisa dibikin, apalagi hanya rangka motor seperti modifikasi dalam foto ini.

Kediri yang dulunya bernama Kadari adalah kota tua bercokolnya para empu. Misalnya, Empu Sedah, Panuluh sampai Mpu Purwa orang tuanya Ken Dedes  (suaminya Ken Arok). Para empu itu yang mengajari Ken Arok jadi pakar keris tanpa tanding. Lantas turun pada modifikator yang berasal dari Kediri.  

Cerita itu bisa dilacak kisah Para Raja atau judul Jawa-nya Serat Pararaton. Tentu saja di sana bercerita silsilah Jawa, bukan chopper. Misalnya titisan pada  Aya Sopia yang bukan aya aya bae, yang asli Kediri.  Aya adalah pendekar cerita modern lewat modifikasi Honda GL100 tahun 1991. Seperti pandai keris, chopper ini dirancang  dari nol. “Detailnya dimainkan lewat rangka,  setang, kenalpot dan bagian backrest. Ini  karya sendiri, saya anti meniru,” cocor Ken, eh, Aya seperti membuat keris yang tanpa patron dan hasilnya keris legenda.

Sebenarnya mesin GL100  saja yang difungsikan.  Rangka dirol ulang dari pipa seamles 32 mm. Rangka rigid  itu  lewat komat-kamit dengan hand made.  Komat-kamit pakai mulut, bukan tangan pak.

Hehe, namanya juga empu, tangan jadi mulut, mulut jadi tangan, seperti swing arm pakai pipa diameter 26 mm. “Sengaja ukuran pipa berbeda, untuk kejar bobot enteng. Termasuk harmonisasi bentuk,” cocor pria tinggi kurus pakai mulut, bukan pakai tangan dia bercerita dari bengkel Puspa Kediri di bilangan Jati Makmur, Bekasi, Jabar, tempat usahanya sekarang.

Aya memang mengaku bukan keturunan langsung empu. Tetapi, siapa yang bisa menduga sejak 1.200 tahun lalu soal silsilah yang hanya ditulis pada daun. Mungkin saja keturunan Aya termasuk di dalam silsilah.

Makanya dia bisa bikin tangki tetesan getah nangka. Kan biasanya tetesan air (tear drop). Bahan dasar tangki dari pelat bekas CPU komputer yang rusak, tutup tangkinya seperti tapal kuda. Dasar otak empu...

Karena bahannya mini, lingkar roda  depan 21 dan belakang 16. Unik dan ajib, ban belakang ada aksen whitewall  menunjukan dari kota tua Kediri. Klasik memang seperti handel, setang sampai jok bikinan pandai besi. Lantaran rigid, suspensi pantat tertumpu pada per jok yang mirip Vespa. Ini modif patuh pada lalu lintas dengan perlengkapan komplit seperti sein, dan lampu depan!! 

Maaf, tapi Kediri juga jadi kota pegedar racun terbesar di Indonesia. Nyaris semua pabrik rokok terkenal ada di sana. Topo

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha New Vixion JMS
Modifikasi Honda CB150R StreetFire (Honda Teralis)
Modifikasi Sehat, Honda New Megapro 2011
Modifikasi Honda CB175 Twin, Modal Toko Jajanan
Modifikasi Honda Dream 305 1972, Nyali CR
Yamaha Vixion, Chopper Jarang Di Darat
Modif Matik Edan-Edanan..!!!
Skydrive Pelek Gambot Ban Jumbo
 
 
 

DATA MODIFIKASI :

Sokbreker Depan     : Honda Tiger  

Ban Depan               : Swalow 21 inci

Ban Belakang          : Swalow 16 inci

Pelek Depan             : Takasago

Kenalpot                    : Custom

Lampu depan           : Variasi

Setang Setir              : Custom

Bengkel                     : Puspa Kediri 

d/a  Jl. Jati Makmur  No.99, Pondok Gede, Bekasi

telp ;0812 294 568 26


Written by Admin