Modifikasi Honda C70 Street Cub, Itik Takut Air

 

ManiakMotor – Buntut sepakbor ciri Honda C-70 yang melentik seperti ekor itik dipangkas.  Pemotongannya  mengikuti nat atau sambungan bodi bawaannya. Depan apalagi, sepakbornya malah dicopot. Hasilnya adalah motor simpel yang katanya ala pantai (street cub) dari klub Seloli di Jakarta.

Pemasangan ban belakang yang bertapak lebar dan ban profil tinggi dibanding asli C70, wajib pakai lengan ayun Honda Grand. Pemegang roda belakang Grand tersebut lebih lebar dan panjang. Tinggal pasang, sebab satu turunan dari Honda.  

Sesuai tema awal Street Cub atau motor pantai yang simpel, hanya berani dipakai  musim panas.  Boleh disebut bebek takut air dong. Coba saja saat hujan ini motor dikebut, selumpur-lumpur akan ke wajah ganteng sampeyan.

Wisnu  M. Yuwono anggota komunitas Seloli pemilik Honda C70 keluaran 1978, ikut mendukung cerita arah modifikasi. Katanya, C70 ini sebagian masih mempertahankan aslinya. “Sokbreker depan model lengan ayun pegas bisa dipertahankan, walau  pakai roda besar. Cuma belakang harus diganti, lantaran peleknya lebar dengan ban besar,” kata Wisnu yang menggunakan baut-baut dikrom pada motornya.

Bebek ala pantai kian kental dengan setang kemudi yang ringkas. Pengendali belok ini milik sepeda fix-gear alias fixie.  “Saya penggemar fixie, setang model begini enak untuk handling, posisi tangan santai dan nyaman. Makanya harus dikasih gas spontan, agar gerakkan pergelangan lebih sidikit memutar gasnya,” alasan Wisnu.

Mempertahankan tebeng  atau sayap ada hubungan dengan sejarah bebek dan  khas komunitas Seloli. Sayap sebagai lambang klasik dengan warna putihnya. Sebutan ‘bebek’ pada motor jenis cub berawal ketika orang Indonesia melihat warna sayap Honda C70 yang mirip itik itu. Nah dari situlah disebut bebek sampai zaman sampeyan yang baca. Aslinya ini motor disebut cub atau underbone alias punya ulang di bawah selangkangan. 

Tujuan pencipta motor ini memasang sayap, agar  kaki pengendara terhalau cipratan air di musim hujan. Juga rok perempuan tidak tersingkap tertiup angin nakal. Sebab awalnya bebek memang diperuntukkan untuk mereka. Pula, yang pakai rok mini tidak kemasukan angin.  

Mesin direkondisi agar kuat menarik roda-roda gambot. Tetap saja itu berat untuk ukuran mesin C70. Ya, cukup untuk penampilan saja? Adit

MODIFIKASI LAIN:
Modifikasi Honda CB150R Street Fire (Honda Teralis)
Modifikasi Yamaha New V-Ixion Di JMS
Klub Honda C70, Street Cub Seloli
Modifikasi Kawasaki Ninja 250, Berpikir Terbalik-Balik
Modifikasi Honda Vario, Milik Istri Pemulung
Modif Kawak D-Tracker, Semua Medan Diterjang
Modifikasi Ninja Drag Eko Chodox, Piston KDX 66 Mm
Modifikasi Yamaha TZR250, Retro Jepang Pak...
Modifikasi Yamaha Jupiter MX (Pontianak ), Robot Kaki Tunggal
 
 

 

 

DATA MODIFIKASI :

Pelek depan              : 1,8 x 17 variasi

Pelek belakang         : 3 x 17 variasi

Ban depan                 : Corsa 70/80-17

Ban belakang            : Corsa 130/70-17

Sokbreker belakang : variasi

Lampu-lampu            : variasi

Jok                              : custom

Gas spontan             : Daytona

Spion                         : variasi


Written by Admin