MotoGP 2013 Test Jerez; Rossi Membuktikan Pembagian Jatah M1 Dan RC213V

 


ManiakMotor – Unggulnya Yamaha sejak awal sesi latihan pra musim di Jerez, Spanyol hanyalah fakta pembagian jatah kekuasan dengan Honda. Diakui Jorge Lorenzo terhadap sasis Yamaha M1 2013 lebih bagus dari 2012 benar adanya. Buktinya di sirkuit yang sempit dan pendek-pendek  macam Jerez  ini, M1 lebih mendingan. Disebut mendingan, karena besok masih ada sesi latihan lanjutan pramusim yang berlangsung sampai 25 Maret. Bila, Senin, 25 Maret bisa di depan lagi, kata mendingan itu otomatis nggak ada. Lagian lawannya cuma dua RC213V, kan.

Yamaha dengan elmu geometrinya mampu mengimbangi RC213V di sirkuit yang tidak mengumbar birahi power.  Gabungan tenaga dan sasis pas pada sirkuit seperti Jerez  atau Sanmarino dan Indianapolis di Amrik. Tapi kalau dihitung, persentasenya lebih banyak sirkuit yang pol-polan. Bisa saja, M1 akan mencegat di sirkuit sedang seperti Losail, Qatar. Losail hanya trek lurusnya yang panjang, selebihnya menikung terus, man.

Valentino Rossi yang hari kedua ini sebelum 2 jam sirkuit ditutup dan mencetak 1:39.525. Catatan itu bertahan. Sebab, Rossi ceria  berhadapan dengan sirkuit yang sebentar-sebentar menikung. Sama riangnya dengan rangka M1 di Jerez. Tulang-tulang Rossi itu serasi dengan belulang M1. Masih ingat kan saat kedatangan pertama kali Rossi ke Yamaha pada 2004, saat itu M1 kalah telak soal mesin. Tetapi bicara menari di dalam tikungan Rossi bisa meladeninya.

Dalam hal lincah, M1 masih bisa mengatasi RC213V. Maaf, ini hanya analis dengan logika hasil test. Sebab, perbaikan RC213V tahun lalu, sebenarnya bertujuan mengimbangi M1 seperti di sirkuit Jerez. Tapi itu RC213V kebablasan bagus pada semua adonan trek. Makanya M1 edisi 2013 sasis kembali diperbaiki, hasilnya mulai kelihatan dalam test ini. “Soal sasis M1 2013 tidak kalah. Hanya giboks yang perlu dibenahi agar bisa tenang keluar tikungan,” ulang Lorenzo berkali-kali dia bicara soal M1.

 Pendukung lainnya adalah di sesi kedua ini sampai ditutup. Penghuni 1 – 3 adalah M1. Belum lagi kemarin di saat lintasan basah, juga M1 Lorenzo. Sedang Honda hanya ke-4 diwakili Pedrosa dan Marc Marquez yang lincah itu, belum bisa menyesuaikan dengan lincahnya Jerez, dia hanya ke-7. Sayang, test ini pun tidak selesai karena 40 menit sebelum ditutup kembali hujan. Tapi ingat saja catatan Rossi itu tercepat untuk motor aturan 1.000 cc di Jerez. Ito    

BERITA TERKAIT:

Hasil Tes Jerez MotoGP 2013, 23 - 25 Maret 2013

MotoGP 2013 Tes Jerez: Hari Ini Rossi-Lorenzo Tes Sasis Baru

MotoGP 2013 Tes Jerez: Pedrosa Masalah Waktu, Marquez Kurang Gigitan

MotoGP 2013 Tes Jerez: Rossi Pertegas Dominasi di Jerez

MotoGP 2013 Tes Jerez, Gebrakan Valentino Rossi Di Sirkuit Meliuk-Liuk

MotoGP 2013 Tes Jerez, Tetap Pada Latihan Di Aspal Basah


Written by Administrator