MotoGP 2013 Austin Texas; Sirkuit Penguras Stamina, Ujian Usia Rossi Di American..?

 

ManiakMotor – Karakter sirkuit Austin, Texas, Amerika jadi pertaruhan untuk fisik pembalap. Badan  akan bergerak terus dalam 20 tikungan yang rapat. Nah, bagaimana dengan usia Rossi? Terutama dalam raceday atau balapan benaran yang berlangsung 21 April 2013 waktu Amerika dalam ronde 2 MotoGP tahun ini.  Sebab namanya free practice dan kualifikasi belum bisa jadi patokan, karena bukan balapan terus-terusan.

Dari semua data sirkuit di dunia, Austin yang punya desain seperti ‘ular’ (chicane), tapi punya trek lurus panjang. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya dan kembali dijelaskan walau hanya sepotong, panjang Austin 5.513 dikurangi trek lurus 1.200 meter hasilnya tinggal 4.313 meter. Rata-ratanya dibagi 20 tikungan lagi, setiap 220 meter harus belok.

Losail setiap 269 meter kudu menikung, karena Losail hanya 16 tikungan, itu telah dikurangi trek lurus Losail. Tikungan Losail pun lebih banyak flow atau mengalir yang membuat tenaga pembalap bisa dicicil. “Saya yakin dengan M1 serkarang seperti hasil di Qatar. Itu motor cocok di semua sirkuit,” jelas Rossi soal keyakinannya masuk ke Austin bersama motornya. Maksudnya, Rossi-maniak seperti maniakmotor.com, tenang saja. Don't worry, man..

Austin banyak tikungan mati yang berlawanan dengan flow, tapi belum bisa dibilang maut karena belum ada lambang tengkorak di sana. Juga tanda wajib klakson untuk ‘menyapa’ para leluhur Indian yang mungkin ditembak para koboi seperti film-film koboi, justkidding. Ada empat tikungan yang bentuk ‘V’ yang tajam. Beda dengan U-turn yang masih ada jarak melaju untuk ‘menjalankan’ motor di dalam tikungan, walau keduanya disebut hair pin. Tidak sekadar V, tetapi menuju ke tikungan itu diawal dengan kecepatan yang tinggi. Lalu berubah drastis sampai ke gigi satu seperti dikeluhkan Jorge Lorenzo dan Dani Pedcrosa terhadap sirkuit tersbut.

Itu yang disebut keduanya perubahan sangat drastis dari sangat cepat jadi sangat pelan di Austin. Bahkan salah satu ‘V’ menghadang usai trek lurus terpanjang di dunia atau 1.200 meter tadi. Di situ stamina terkuras melawan deselerasi yang bikin tubuh pembalap ‘disedot’ ke depan dan kembali ditarik oleh akselerasi keras keluar tikungan. Kedua epek berlainan itu disebut G-force atau gaya tarik bumi. Itu gaya yang paling banyak menguras stamina di arena balap.

Dalam menikung pelan pun kelihatannya mudah. Tapi dalam pelan itu motor tidak mengalir. Tubuh pembalap yang justru rajin mengimbanginya. Maksudnya keseimbang motor berkurang di saat pelan ketimbang kencang. Itu pelan ukuran pembalap. Karena saat pelan itu putaran mesin drop jauh dari idealnya mesin MotoGP. Ya, butuh kontrol rpm yang ekstra dari pembalap agar keluar tikungan rpm-nya cepat naik lagi. Kalau itu butuh otak dan otot.     

Tetapi ilmu yang baik dimiliki Rossi akan mengeleminir keadaan. Ia akan bikin jalur sendiri, agar motor tetap meluncur untuk menghemat stamina. Termasuk set-up motor seperti di Losail ia dapat, itu akan membantu tenaganya tidak kedodoran. Juga sekaligus menjawab keluhan Marc Marquez usai lomba di Losail. Katanya dalam duel enam lap bersama Rossi dia terkuras tenaganya. Alasannya, dia belum menyatu dengan motor MotoGP ketimbang Moto2. Berarti imbang dong di Austin. Yang satu masalah usia dan satunya belum sejiwa yang dua-duanya menyerang fisik dan dua-duanya layak ditunggu duelnya. Ito

BERITA TERKAIT:

MotoGP 2013 Menuju Austin; Ada Yang Aneh Pada Valentino Rossi Dan Lorenzo Di Texas Americas

MotoGP 2013 Menuju Amerika; Yamaha Fokus Gigi 1 Di Austin Texas

MotoGP 2013 Menuju Austin: Lorenzo Mencari Musuh, SSG Masih Teka-Teki

MotoGP 2013 Menuju Amerika; Yamaha Fokus Gigi 1 Di Austin Texas

MotoGP 2013 Menuju Austin: Rossi vs Marquez atau Marquez vs Pedrosa, Teori atau Naluri?

 



Written by Administrator