MotoGP 2013 Austin Menuju Race; Rossi Diasapi 2 Detik Dari Marquez, Hanya Mujizat Ia Podium Di Texas

 

ManiakMotor – Sudah baca kan Valentino Rossi cukup dapat poin di sirkuit Austin ini. Untuk bisa podium ke tiga saja dia harus peras keringat dan otak. Itu pun kalau masih ada yang bisa diperas. Sebab untuk podium ketiga dia harus menyingkirkan Jorge Lorenzo yang  punya target yang sama. Lagian Rossi punya selisih catatan waktu yang tajam dengan Lorenzo, 1 detik, apalagi dengan Marc Marquez dan Dani Pedrosa from Repsol Honda Team yang mencapai 2 detik lebih saat Q2 yang berlangsung 20 April waktu siang di Amrik.

Perseoalan Rossi bukan hanya pada pengereman yang ia akui, tetapi juga semua soal yang tidak bisa terjawab bersama motornya mencukur 20 tikungan Austin. Situasinya persis mereka latihan Maret lalu.

Saat menikung untuk menambah akselerasi lebih kuat, Rossi ngeper, ora wani, man. Itu ia pernah coba bermain lebih cepat. Hasilnya? Gejala slide berlebihan dan malah cenderung melintir di dalam tikungan. Itu bedanya dengan slide yang dimiliki RC213V yang melaju terukur.

Cerita rem sudah menyangkut ketidakmampuan suspensi menerima beban. Belum soal rangka dan sebagainya. Bahkan saat Qualifying no.2 yang seharusnya pakai ban sangat lunak khusus QTT, Rossi tidak bisa mendekati tiga besar. Apalagi saat lomba yang settingannya mirip-mirip free practice. “Rem saya masalah besar. Masuk tikungan motor tidak tenang jika melakukan pengereman deras,” jelas Rossi yang kemarin usai FP2 punya alasan grip.   

Apa pun yang dicoba-coba para teknisi Yamaha Factory Racing, ‘rasanya’ tidak banyak ngaruh.  Belum lagi cerita umur dengan karakter sirkuit Austin. Nah ini juga sudah diceritakan sebelumnya, coba baca ini; MotoGP 2013 Austin Texas; Sirkuit Penguras Stamina, Ujian Usia Rossi Di American..? Austin adalah uji stamina, tentu saja bersama motor. Ini sirkuit agresif. Jika diandaikan seperti tarian break dance yang diiringi musik rap yang di-mix ala Amerika. “Austin sangat jauh berbeda dengan Qatar,” tambah Rossi yang ulasan soal ini sudah diceritakan sebelumnya.

 Satu-satunya cara memang pakai strategi melepas Texas untuk menunggu di Jerez. Tetapi untuk tetap masuk bursa juara MotoGP2013, Rossi minimum ke-4, itu kalau bisa. Sebab dijelaskan sebelumnya, hanya mujizat yang bisa membawa Rossi ke podium, eh ke-4 juga deh. Ito  

BERITA TERKAIT

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 - 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin Menuju FP3; Rossi Mulai Ubah Omongan, M1 Beda Dengan Di Qatar

MotoGP 2013 Austin Texas; Sirkuit Penguras Stamina, Ujian Usia Rossi Di American..?

MotoGP 2013 Test Jerez; Rossi Membuktikan Pembagian Jatah M1 Dan RC213V

MotoGP 2013 Austin: Ternyata Memang Ada ‘Musibah’ Dengan Rossi

MotoGP 2013 Austin (Q2); Saktinya SSG RC213V Marquez-Pedrosa Di Texas

 



Written by Administrator