MotoGP 2013 Austin (Race); Marquez Juara Pakai Teknik Moto2, Tiga Spanyol Di Podium Texas

 

ManiakMotor – Luar biasa Marc Marquez dia bisa memerlakukan motor MotoGP dengan gaya belok Moto2. Ia pakai  ilmu menikung mengarahkan motor  dengan ‘membuang’ pantat Honda RC213V lebih dulu. Maka ia kuasai sesi-sesi sebelumnya dan puncaknya di race-day  ronde 2 MotoGP 2013 di sirkuit Austin, Texas, Amerika, 21 April di sana dan sudah 22 April di Indonesia.

Zaman dulu teknik itu disebut rear wheel steering (RWS) alias belok dengan roda belakang. Ia masih sepupu dengan slide corner (SC) yang mengarahkan motor seolah putaran roda belakang lebih cepat dari laju motor itu sendiri. SC sama juga 'menggeser' roda belakang agar motor cepat sesuai arah belokkan.   SC terjadi saat gas dibuka atau on throttle.

Sedang RWS dilakukan masuk tikungan atau ketika gas ditutup. Di lomba ini teknik itu  cuma sesekali gipakai Marquez ketimbang saat QTT, kemarin. Maksudnya dengan balap biasa-biasa saja dia sudah menang. Hehehe...

Marquez menggabungkan dua gaya dan taktik tersebut di Austin. Ia pun dengan taktis membelokkan RC213V di sudut paling sempit di tikungan-tikungan Austin, terutama hair pin. Di semua sektor, kecuali FP3 dia kalah dari Pedrosa, semuanya milik Marquez. “Saya selalu membalap dengan gaya yang paling saya sukai dan dikuasai,” jelas Marquez yang paling kentara menggunakan gaya Moto2 di R1 usai dari trek lurus yang panjang.  

Lebih-lebih lagi di Austin ini ditunjang RC213V yang bikin aksi Marquez menjadi-jadi. Sejak era Casey Stoner bersamaan dengan penggunaan teknologi SSG (Seamless Shift Gearbox) pada RC213V, itu motor bersih melakukan SC. Apalagi sudah disatukan dengan RWS versi Marquez, makin aje gile dan gile aje tuh anak. Itu kekurangan Pedrosa saat menguntit Marquez dan sebelumnya diuntit.  Padahal, Pedrosa lebih halus bawa-bawanya. Ya, mungkin terlalu halus itu, maka tak bisa kabur dan agresif. 

Teknik itu juga terbantu lagi oleh gaya Marquez sendiri yang gelantungan di motor. Saat menikung pun, doski bukan membuka paha, tapi malah menurunkan pantatnya. Di sisi lain, malah pahanya mengapit motor seperrti diperlihatkan tayangan lambat tv siarang langsung MotoGP. Jadi untuk melawan gaya lurus motor di tikungan badannya yang ia mainkan dan berbarengan pantat keluar dari jok. Itu gaya model baru di MotoGP, loh.

Selamat buat Marquez yang bikin sejarah. Selamat juga tiga Spanyol di podium, Marquez, Pedrosa dan Lorenzo. Rossi ke mana, nih? Ito

BERITA TERKAIT:

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 - 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin (Race); Rossi Soal Rem, Lorenzo Tidak Keburu Ganti Rasio

MotoGP 2013 Austin (Race): Marquez Tak Punya Rencana, Pedrosa Tak PunyaTaktik

MotoGP 2013 Austin (Jelang FP3): Marquez Sudah Mengarah Jadi Juara

MotoGP 2013 Austin (Q2); Saktinya SSG RC213V Marquez-Pedrosa Di Texas

MotoGP 2013 Austin (Jelang Race): Marquez Songsong Rekor Lanjutan

MotoGP 2013 Austin Menuju Race; Rossi Diasapi 2 Detik Dari Marquez, Hanya Mujizat Ia Podium Di Texas




Written by Administrator