MotoGP 2013 Jerez (Race): Marquez Bela Diri, Lorenzo Mengaku Terlambat Tutup Celah


ManiakMotor : Insiden Marc Marquez – Jorge Lorenzo di tikungan terakhir Sirkuit Jerez memang memunculkan kontroversi. Ujungnya, sukses Marquez dianggap sah boleh menduduki posisi baru sebagai pemimpin klasemen sementara.

Pimpinan lomba dan jury pun tak perlu rapat berlama-lama karena tak ada protes resmi dari kubu Yamaha. Belakangan, Lorenzo malah akui itu tak lepas juga dari kesalahannya mengambil keputusan dan pasrah dengan apa yang telah terjadi. Tragisnya, kejadian yang melemparnya ke finish urutan tiga itu justru terjadi di R13, tikungan terakhir yang telah resmi mengabadikan namanya menjadi Jorge Lorenzo Corner. Pertanda apakah itu, terserah sampeyan beri penafsiran hehehehe!

Pengakuan Lorenzo terjadi setelah pulih dari rasa marah dan kesalnya. Usai lomba, sebenarnya Marquez menghampirinya sembari minta maaf. Tapi, Lorenzo menolak ulurkan tangan dan memberi isyrata agar pembalap Repsol Honda itu menjauh saja. Rasa dongkol Lorenzo masih terlihat saat di podium.

Setelah itu ia baru tenang dan sudi berkomentar. “Saya terlambat menutup ruang dan bisa ia serobot. Dua kesalahan yang saya lakukan kali ini, pertama saat start dan kedua pada insiden itu. Apa pun saya puas dengan lomba ini karena saya bisa tampil konstan. Motor kami memang kalah kompetitif,” ujar juara dunia 2012.

Dengan hanya finish urutan 3, posisinya pun terpuruk ke peringkat 3 dengan poin 57. Di bawah Marquez (61) yang sukses mengatrol klasemen hanya dalam tiga balapan MotoGP. Posisi kedua ditempati Dani Pedrosa dengan nilai 58.

Marquez sendiri tak kecil hati meski permintaan maafnya sempat ditampik Lorenzo. Dalam pandangannya, peristiwa di tikungan terakhir itu bukanlah hal pertama dalam sejarah balap MotoGP. Di lokasi sama pada musim 2005, juga terjadi kasus besar anatara Valentino Rossi dengan Sete Gibernau dengan kondisi nyaris serupa. Gibernau pun marah besar kala itu, tapi tak ada hukuman apa pun buat Rossi.

“Saya pelajari MotoGP dari begitu banyak rekaman video. Peristiwa seperti itu kerap terjadi, bahkan di tempat yang sama. Saya pun melihat celah yang longgar saat itu. Saya minta maaf karena memang tak inginkan peristiwa itu terjadi. Akhirnya dan yang paling penting adalah kami berdua bisa mencapai finish dan itu adalah pertarungan yang hebat buat para penggemar,” ujar Marquez.

Wah, benar juga tuh. Tanpa duel singkat Marquez – Lorenzo itu, keseluruhan balap kali ini memang membosankan. Dengan bangkitnya Pedrosa, semoga saja balapan berikutnya lebih menggigit. Terus, Valentino Rossi gimana dong? Tunggu di trek favorit beliau berikutnya di Le Mans, Prancis, dua pekan mendatang. Kali-kali bisa ikut bangkit dan bikin klasemen semakin rumit. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Jerez 2013 Spanyol, Semua Sesi, 3 - 5 Mei 2013

MotoGP Spanyol 2013; Senggolan Marquez vs Lorenzo Di Jerez, Menurut Jury MotoGP Sah

MotoGP 2013 Spanyol (Race): Honda 1-2, Marquez Gila-Gilaan, Tunggu Putusan Juri

MotoGP Spanyol 2013; Jerez Dikuasai Marquez Di Warm Up, Rossi Ke-8


Written by Administrator