MotoGP 2013 Le Mans Prancis (Jelang); 10 Tahun Terakhir 6 Kali Hujan, Kering Banyak Yamaha

 

 

ManiakMotor – Penalti pada Marco Simoncelli mengingat dua tahun lalu permainan MotoGP di sirkuit Le Mans, Prancis. Di sirkuit mulai rame  sejak 17 Mei dan puncaknya 19 Mei 2013 untuk ronde 4 MotoGP 2013 itu, Simoncelli harus pit in 10 detik atas manuvernya terhadap Dani Pedrosa pada 2011. Almarhum Simoncelli menjepit Pedrosa dari sisi luar tikungan, kendati Pedrosa telah berhasil masuk line.

Tapi yang diceritakan di sirkuit Le Mans yang paling menonjol adalah cuacanya yang cepat berubah. Misalnya 2012 lewat  bangkitnya sohib Simoncelli yang bernama Valentino Rossi. Memang saat wet race tersebut, bukan Rossi juaranya tapi Jorge Lorenzo dengan Yamaha M1, Rossi hanya ke-2 yang membuatnya jadi bintang. Sebab itu satu-satunya prestasi Rossi tebaik memacu Desmosedici. “Eropa bersahabat buat saya, dan data menyatakan Yamaha juga bagus,” komentar Rossi usai Austin tapi belakangan mulai tahan komentar karena sadar dari hasil Jerez. 

Le Mans, 10 tahun terakhir enam kali lombanya tampil di lintasan basah dan terakhir tahun lalu. Makanya data di Le Mans berganti-ganti yang juara. Bahkan Kawasaki 2009 ke-2 lewat Marco Melandri dan Suzuki 2007 ke-1 dengan Chris Vermulen di sini, tentu saja saat membalap di lintasan hujan. Dari dulu sampai Ducati Rossi 2012, hujan akan mengangkat  motor yang ‘pelan’ saat kering ke podium.

Teori dan praktek hujan tenaga motor lebih kecil dari musuh-musuhnya di MotoGP akan menguntungkan. Tenaga ke roda tidak berefek banyak pada aquaplaning (mengapung), mereka lebih dapat grip ketimbang yang aslinya kencang di trek kering. Pembalapnya tidak ragu-ragu memutar grip gas. Beda yang bertenaga besar harus ekstra atur putaran mesin lebih halus, bila salah roda belakang akan melintir.

Tetapi itu terjadi sebelum era canggih. Buktinya tahun lalu hanya Ducati yang bisa podium ke-3 dari ketegori sulit podium saat kering, itu pun Rossi jokinya. Sedang podium 1 dan 3 masih dipegang Jorge Lorenzo dan Casey Stoner, dua pembalap yang menggenjot kuda besi yang berotot milik pabrikan.  

Le Mans pernah hujan dalam tiga seri berturut-turut yakni 2005-07. Usai itu, hujan lagi  09 dan 2012.  Hujan kah minggu ini? Lihat saja, yang jelas bila kondisi kering, Yamaha banyak juara di Le Mans, saat hujan juga dua kali mereka podium pertama. Namun statistik dari Austin dan apalagi Jerez yang sirkuitnya  satu karakter dengan Le Mans, kemarin, Honda juga berpeluang. Artinya, minggu ini adalah lomba yang asyik, syik, syik, jangan dilewatkan. Ito   

BERITA TERKAIT

MotoGP 2013 Jelang Le Mans Prancis: Pakai M1, Rossi Melawan Teori

MotoGP 2013: Serang Espargaro, Crutchlow Pertanyakan Kebijakan Yamaha

MotoGP 2013 Jelang Le Mans Prancis; Lorenzo Olah Fisik Keras, Buat Siap-Siap..!

MotoGP 2013: Barbera Ditahan Polisi, Terancam ke GP Prancis

MotoGP 2013: BMW Mewah Menunggu, Rossi Sudah Punya 3

  


Written by Administrator