MotoGP Prancis 2013 Menuju FP3; RC213V Pedrosa+Marquez, Serba Bisa Di Le Mans

 

ManiakMotor – Paling tidak sampai free practice (FP) 2, RC213V Dani Pedrosa dan Marc Marquez di depan. Performa motor mereka serba bisa di dalam kondisi dingin dan panas. Di latihan bebas yang berlangsung Jumat 17 Mei 2013, memang suhu trek nggak dingin-dingin amat dan panas-panas amat, sedang-sedanglah dengan 350C.

Toh dalam kondisi dingin di FP1 yang diputar jam 10.00 pagi di sana, Pedrosa juga tercepat. Saat itu suhu lintasan 190C. Bahkan seorang Marquez yang baru kali ini mengendalikan motor MotoGP di sirkuit Le Mans, di FP2 bisa kedua. Ayo bayangkan - yang nggak bisa naik motor juga monggo bayangkan - begitu enak dan pasti nikmat yang hasil akhirnya nyaman kedua motor itu. Seperti itu hasil sementara latihan bebas, bukan ukuran memang, tetapi bisa jadi panduan untuk taruhan sebatang rokok.

Ada apa? Lho malah bertanya. Yang pasti ada apa-apanya dong,  dua motor itu produktif pada semua kondisi cuaca. Tetapi kembali lagi pada teknologi yang membuat Pedrosa unggul 6 ronde dari sisa 8 seri  2012. Lalu dipertunjukkan Casey Stoner di seri penutup di Australia. Saat itu konstestan MotoGP angkat jempol pada RC213V Stoner yang manis dalam berakselerasi. “Saya salut akselerasi motor Stoner, halus tapi kuat,” puji Valentino Rossi ketika Stoner juara dan sekaligus berpisah dari arena MotoGP.

Belakangan yang jadi bisikan jeroan girboks RC213V terisi sistem reduksi tanpa jeda. Sebelumnya dikira akibat perombakan total pada Juni tahun lalu yang dilakukan HRC. Tapi semakin kuat dugaan, kuncinya adalah SSG. Jika sampeyan rajin berkunjung ke portal ini, tahulah scan untuk wanita hamil tersebut. Hehehe, salah kamu, bukan itu. Ini SSG alias Seamless Shift Gearbox.

SSG membuat reduksi daya tersambung halus, kendati power dibetot sejak dini. Bahkan cerita-cerita, motor lain diperlakukan seperti itu akan memberi gejala wheelie yang kasar, RC213V tetap tenang keluar dari tikungan. “Girboks ini kami rampungkan saat terjadi tsunami di Jepang. Saat itu semua serba terbatas, tapi syukur berhasil juga,” kata Shuhei Nakamoto, pimpinan para insinyur di HRC di salah satu portal Jepang. Entalah portal apa itu, sudah lupa, tapi bukan portal di depan gang. Penulis juga bisa lupa, apalagi tulisannya berderet dan sudah menunggu event lain minta di update.

Sekali lagi itu hanya pandangan sampai FP2 yang hanya sekadar latihan bebas. Sesi bagi tim peserta untuk mencari set-up lomba yang disesuaikan kondisi cuaca di seputaran Le Mans. Dalam empat FP itu ditentukan dari semua kombinasi data. Nah, tinggal hujan RC213V yang belum ada datanya tuh. Ito

BERITA TERKAIT

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (FP2): Pedrosa Mulai Pol-Polan, The Doctor Cari Obat

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (FP1): Masih Mendung, Pedrosa Ungguli Lorenzo – Rossi

MotoGP 2013 Le Mans Prancis: Lorenzo-Marquez Damai, Macam Mana di Lintasan Nanti?

MotoGP 2013 Le Mans Prancis; Valentino Rossi CS Maunya Teduh, Keseimbangan..?

   


Written by Administrator