Surya 12 Dragbike Lumajang, Gaya Balap Atau Pembalap Gaya..?

 

ManiakMotor-Gaya balap beda dengan pembalap gaya.Gaya balap berhubungan dengan performa mengebut. Nyali dan taktik adalah salah satu gaya balap. Keren, fashionable, wangi, dan lengkap aksesoris mahal, itu gaya loe maju, bung. Iya, pembalap gaya yang belum tentu punya gaya balap kampiun. Menang gaya doang.

Macam itu pula di Kejurnas Seri 3 Surya 12 Dragbike Championship (S12DC)  yang mentas di Jln. Gubernur Suryo, Lumajang, Jatim (30/6).  Katanya, gaya balap bisa dilihat dari awalan start hingga melaju menuju finish.  Bukan nilai mati, tapi analisanya didasarkan pada karakter joki masing-masing.

Bisa disimpulkan pengaruh geografis punya peranan.  Bonek yang bukan bonek di bola, adalah bondo nekat. “Namanya memang Bonek, pembalap Jatim. Dia lebih berani dan ‘gila’ dibanding Jateng,” nilai Dwi Batank, mewakili suara pembalap Jateng. Batank absen di Lumajang, tapi dia kerap bermain di Jatim. Wawancarnya pas dia hadir di Jombang dalam seri 2 S12DC, minggu lalu. Tulisan ini baru dikeluarkan, karena reporternya malas berpikir. Ini reporter yang dia tahu hanya mengulas jalannya lomba. Padahal, cerita seperti ini menarik. Bukan geetu, bro?

Kentardima mekanik senior Surya 12 Evallube NHK Harriot’s Feat Keyspeed yang asli  Jabarmengakui itu. Katanya, mekanik lebih semangat, kalo punya pembalap nekat tapi terukur. “Dia pasti lebih berani  keluarkan semua tenaga mesin. Makanya, tim kita rekrut Richo Bochel dan Ardiansyah Ucil, gaya balapnya seperti itu,” kata Kenterdima pada dua calon juara nasional S12DC itu. Keduanya pun dengan gaya balapnya, kembali pertama di kelas masing-masing di Lumajang ini.

Agung S. Unyil yang Jatim tulen menyorot gaya balap  yang fokus pada cara start. “Jatim punya gaya start dengan posisi duduk mendekat pada kemudi. Agar motor tidak whellie (angkat roda depan) saat start. Sedang Jateng biasanya posisi duduk tengah, biar motornya nggak sliding dan liar,” nilai Agung. Kalau maniakmotor.com punya saran soal start. Posisi duduk tetap di tengah, badan membungkuk ke depan, lengan menekan setang. Pasti itu lebih enak. Itu hanya saran, bukan mutlak mengajari ikan berenang.

Eko Chodox yang absen juga di Lumajang  kasih komentar, “Kalo Jateng cenderung lebih optimal pada start dan rpm atas, tapi Jatim pandai curi-curi start dan oper tiap giginya. Tapi terkadang cara begitu cenderung asal-asalan,” kata Chodox sambil menambahkan karakter Jatim itu akan bagus jika pas dengan timer, sebaliknya kalau meleset hancur catatan waktunya. 

Yang lain pilih mana, gaya balap atau pembalap gaya? GS, Ardel

BERITA TERKAIT:
Hasil Seri 4 Surya 12 Dragbike Championship 2012, Lumajang, 1 Juli 2012
Surya 12 Dragbike Lumajang, ‘Merumus’ Tekanan Ban
Drag Bike Magelang, Kecil Vs Batank
Surya 12 Dragbike Gresik, Teknologi Timing System Amrik
Surya 12 Dragbike Gresik, Tariiik...!
Drag Bike Jogja, Event Yang Punya Jenjang
Dragbike Pemalang, Idolanya Kelas Standar
Drag Bike BSD CITY, Dicabik M Chabix
Si Empuk Berbie Penakluk Drag
Drag Bike Solo, 673 Starter Kecewa, Helmy Senyum
Modifikasi Honda Blade, Pemenang IndoPrix Kenjeran
 Yamaha F1ZR, Motor Drag Tiga Arena!

 

 


Written by Admin