MotoGP 2013 (Jelang Belanda): Rawan di Assen, Rossi Mestinya Podium

ManiakMotor – Jarak di klasemen yang hanya selisih 7 poin membuat pertempuran Jorge Lorenzo (Yamaha) vs Dani Pedrosa (Honda) diprediksi panas pada akhir pekan ini di Sirkuit Assen, Belanda.

Itu ronde 7 MotoGP musim ini sekaligus hajatan tahun ke-65 sejarah Belanda menjajah Assen. Maksudnya menggelar balap motor di sirkuit Assen, Brosist! Kondisi panas sama dengan 2012 saat Lorenzo – Pedrosa juga tengah berebut poin untuk perburuan gelar juara dunia. Demikian panasnya sehingga Lorenzo murka karena ditubruk Alvaro Bautista selepas start.

Kudu waspada, bukan faktor Bautista tapi karakter trek Austin yang konvensional dan rawan kecelakaan. Bukan rahasia kalau trek ini dapat cap sirkuit paling berbahaya karena umumnya kecelakaan terjadi dalam kecepatan tinggi. Paslah dengan tabiatnya sebagai sirkuit cepat.

Pembalap legendaris Wayne Rainey dan Mick Doohan, misalnya, tak bakal melupakan angkernya Assen. Rainey harus duduk di kursi roda usai kecelakaan fatal di Assen. Tulang kaki kanan Doohan pun harus dipotong sedikit karena kecelakaan di tempat sama.

 Flash File http://maniakmotor.com/images/IklanYamaha/yamahavixion.swf is not found

Semoga saja tak ada kecelakaan tragis semacam itu. Kata Bang Napi di tipi: Waspadalah, kecelakaan terjadi bukan karena direncanakan, tapi karena kelalaian! Tak perlu panjang lebar mengulas bakal duel Pedrosa-Lorenzo di Assen. Keduanya tengah on fire dan punya plus minus di sirkuit yang punya 18 tikungan ini.

Masih ada penunggang kuda besi Yamaha lainnya, Valentino Rossi (pabrikan) dan Cal Crutchlow (Monster Yamaha Tech3). Keduanya berbunga-bunga saat tes di Aragon, terutama The Doctor. Kendala utama Rossi pada redaman roda depannya selama ini katanya sudah tertanggulangi. Ia sudah bisa masuk tikungan lebih cepat. Tak seperti sebelumnya yang harus menahan nafsu agar tak keterusan ke gravel. “Sangat beda sekarang, jadi tak sabar nih menuju Assen,” kata Rossi usai tes Aragon.

Dengan kondisi baru itu, mestinya The Doctor mampu naik podium di Assen jika lomba berjalan normal dalam arti tak ada kecelakaan menerpanya. Ia pun telah melakukan simulasi di Aragon dengan bahan bakar penuh. Hal sama dilakukan Crutchlow.

Hasilnya, baik Rossi maupun Crutchlow bisa cetak lap times secara konsisten. Keduanya siap masuk balapan sesungguhnya di Assen. “Konsistensi saat balapan sangat penting buat saya dan itu kelemahan sejauh ini,” ujar Crutchlow yang memang acap ‘gendeng’ di single lap tapi kemudian tak demikian saat balapan.

Nah, kalau Rossi dan Crutchlow pun ikut berebut podium pastinya bakal seru karena Marc Marquez (Honda) pun ingin dan punya potensi sama. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013; Paket Suspensi Bikin Rossi Paling Nyaman Saat Ini

MotoGP 2013 (Jelang Assen): Seperti Rossi, Marquez pun Tak Sabar ke Belanda

MotoGP 2013 Assen Belanda (Jelang); Sirkuit Goyang Terus, Rossi Tak Sabar

MotoGP 2013 (Jelang Belanda): Tak Mau Dibau-Baui, Bautista Balik Sindir Rossi

 

 


Written by Administrator