MotoGP 2014: Indonesia Masuk Di Mainan Baru Dorna, Gunardi Tukangnya Shell Asia Talent Cup

 

ManiakMotor – Di sela-sela GP Belanda, Dorna mengumumkan langkah terobosan baru untuk mendongkrak potensi anak-anak Asia, termasuk Indonesia, ke ajang MotoGP. Seleksinya termasuk di sirkuit Sentul. Apakah itu?

Sebab kini terbentuk Shell Advance Asia Talent Cup, saringan dikhususkan buat remaja usia 14 sampai 20 tahun. Sampeyan langsung hitung umur deh bisa ndak ikut tahun depan! Ini wadah pembinaan yang formatnya macam Red Bull Rookies Cup di Eropa sono yang sudah menghasilkan banyak pembalap kelas dunia. Ini wadah gawean Dorna, Shell, dan HRC. Akan direkrut 22 pembalap untuk ikut lomba enam seri sepanjang 2014 nanti. Mereka akan memacu Honda NSF250R spek khusus di bawah sikit dari Moto3 yang dipasok Honda Racing Corporation.

Flash File http://maniakmotor.com/images/IklanYamaha/yamahavixion.swf is not found

Ini proyek serius Bro, makanya Alberto Puig pun dilibatkan sebagai pemandu bakat untuk menyeleksi mereka yang nantinya bisa ke Moto3 atau menimba pengalaman lain di kancah CEV Repsol Championship yang memproduksi para pembalap andal Spanyol itu. Sekedar informasi, Om Puig itu adalah mantan pembalap top Spanyol yang menemukan bakat  dan kemudian membimbing Casey Stoner dan Dani Pedrosa.

Dorna selaku promotor MotoGP pun memfasilitasi proyek ini dengan dukungan publikasi regular dengan tayangan khusus di berbagai stasiun televisi. Dari enam seri lomba 2014 empat di antaranya akan menjadi supporting race MotoGP di Qatar, Jepang, Malaysia, dan India (Superbike/MotoGP). Dua putaran lainnya adalah Indonesia (Sentul) dan China.

Untuk urusan Indonesia dan China itu, Dorna pun menugaskan tokoh balap Indonesia Bambang Gunardi untuk mengurus segala sesuatunya. “Iya benar, saya ditugaskan untuk itu. Tapi, saya belum bisa bicara banyak karena masih akan ada rapat lanjutan seputar hal ini. Yang pasti ada seleksi untuk pembalap Indonesia,” ujar BG saat dikonfirmasi kabar itu. Ia sendiri berada di Assen sebagai jury MotoGP di sana  dan ikuti pembahasan detilnya.

Yang jelas bos Dorna Carmelo Ezpelata antusias menyongsong kompetisi ini dengan pemikiran potensi bisnis dan kesediaan pembalap berbakat di kawasan Asia. Makin banyak pembalap Asia di pentas dunia, katanya, akan semakin baik. “Dengan dukungan Puig yang sudah terbukti kejeliannya sebagai pemandu bakat, saya yakin proyek ini akan sukses dan mencapai tujuannya,” ujar Ezpelata.

Tak kalah antusias adalah Shuehi Nakamoto sang Wakil Presiden HRC yang membawahi semua kegiatan balap Honda. “NSR250 memang dikreasi sebagai motor GP khusus untuk pemula. Dari sini mereka akan belajar banyak soal motor balap dan siap ke jenjang berikutnya. Ajang ini sangat menarik untuk mendapatkan pembalap Asia berbakat dan buat mereka pintu terbuka menuju kejuaraan dunia,” ujar Nakamoto.

Nah, sekarang nggak perlu jauh-jauh ikutan Red Bull Academy, karena salurannya sudah ada di Indonesia. Juga paling pas melewati dari mesin sedang atau Moto3, ketimbang dari bebek langsung Moto2, hehe. Terus doski-doski saja sangat antusias begitu, bagaimana dengan kita orang di Indonesia? Hayo atuh didukung ramai-ramai, terutama tim-tim balapnya untuk siap-siap kirim calonnya. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Assen; Lorenzo Berhasil Dioperasi Di Barcelona

MotoGP Assen Belanda 2013: Duka Lorenzo, Simpati Dari Honda

MotoGP Assen Belanda 2013: Lorenzo Patah Tulang, Sewa Pesawat Khusus Ke Barcelona

MotoGP 2013 Assen: Tanpa Lorenzo, Rossi Bertekad Dapat Hasil Terbagus

 


Written by Administrator