MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Rossi Berjuang Keras Di Amrik

 

ManiakMotor – Beritanya sudah dulas lebih cepat dari bayangan, tetapi muncul lagi dari MotoGP.Com terpaksa diramu lagi, supaya nggak dikira ketinggalan. Isinya perjuangan Rossi bersama set-up motornya di sirkuit Laguna Seca, Amerika, Minggu ini. Set-upnya atau penyesuaian motor dan sirkuit dimulai sejak free practice 1 pada 19 Juli 2013, lombanya sendiri 21 Juli. Ingat ya waktu sahur...

Walau seperti mengajari ikan berenang dan burung terbang, Rossi kudu menyetel M1-nya agresif. Maklumlah, Laguna Seca sendiri berkarakter gesit teknikal. Disebut teknikal itu, pembalap kebanyakan melanggang dan bergoyang mendadak. Misalnya tiba-tiba harus mengungkit motor untuk perpindahan arah dan ikut umpan gigi, padahal motornya masih menanjak. Saat buka gas pun tidak bisa full tapi dengan dicicil sehingga tepat kecepatan masuk tikungan dan sekaligus menikung.

Flash File http://maniakmotor.com/images/IklanYamaha/yamahavixion.swf is not found

Itu hanya salah satu contoh sirkuit yang disebut teknikal seperti di R7, R8 dan R8A yang disebut areal corkscrew. Masih banyak yang lain. Bila sering klik maniakmotor.com lama-lama juga tahu sendiri. Nah Rossi akan menyetel motornya enak dengan tindakan membalap seperti itu. “Laguna Seca memang spesial. Motor juga sudah lebih cepat. Tetapi butuh langkah lain untuk punya peluang di depan,” beber Rossi yang orang Italia tersebut. Ya iyalah, dia kan bukan dari Gorontalo... hehehe maaf orang Gorontalo.

Langkah atau terobosan lain yang disebut Rossi hanya bisa diduga-duga. Dia nggak ngomong soal sokbreker kek, busi kek atau klakson. Huuust... kenapa? Ya bisa jadi terobosan agar  M1 efisien berlari di sirkuit-sirkuit pendek seperti Laguna Seca. M1-nya bisa bermanever luwes yang  tidak seperti di Jerman ke marin sering meleset dari jalur,  begitu ilmu duga-duganya.

Toh Rossi dalam dua seri di Belanda dan Jerman sudah naik podium. Mungkin bagi penggemar The Doctor seharusnya podium pertama juga di Jernan, termasuk di Amrik ini. “Ya itu tadi, butuh terobosan lain untuk berjuang menang dan menang. Saya pernah bermain bagus di Laguna Seca pada 2008, tapi habis itu gigit jari,” tutup Rossi yang nggak bilang gigit jari sih.

Tapi seperti itulah.  Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Corkscrew Pelintiran Pembalap Lincah, Rossi..?

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Jarang Menang di LS, Rossi Bawa Semangat 2008

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Dokter Silakan Lorenzo Berlomba, Risiko Tanggung Sendiri

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Digusur Sebagai Pemimpin Klasemen, Pedrosa Cuek Beibeh

MotoGP 2013 Laguna Seca Amerika (Jelang); Sirkuit Pelintir (Corkscrew)


Written by Administrator