MotoGP 2013 Tes SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno; Marquez Hanya Takut SSG Pedrosa

ManiakMotor – Tanpa seamless shift gerbox (SSG) M1 milik Yamaha Factory Racing (YFR) masih bisa melayani RC213V Marc Marquez dan Dani Pedrosa dari Repsol Honda Team. Dari  9  seri lalu kedudukan Honda dan Yamaha adalah 5 – 4, lima buat Honda yang pakai SSG. Tiga kemenangan buat Lorenzo dan Marc Marquez, 2 Dani Pedrosa  dan 1 Rossi. Seimbang sebenarnya.

Sembari tunggu-tunggu hasil test SSG M1 di Brno yang sudah berlangsung 6 Agustus 2013 ini diumumkan atau tidak, ya baca aja dulu yang ini.  Tahulah unggulnya M1 di mana dan menangnya RC213V ada di mana? Nih dijelaskan lagi, M1 selalu dapat poin penuh di sirkuit cepat yang jarang menggunakan gigi rendah. Tapi di trek yang selalu keluar tikungan diawali gigi kecil, RC213V penguasanya. Ya sudah di situ lebihnya SSG.

Tetapi dalam praktek 9 seri lalu, Honda di sirkuit milik M1 pun nggak ketinggalan jauh-jauh amat dan masih bisa memelihara poin. Bukktinya poin klasemen 1 - 2 adalah Honda. Agak berbeda bila sirkuit tersebut milik Honda. Bahkan Honda satelit bisa melejit. Contoh di Austin yang 1-2 adalah Honda. Lalu Laguna Seca, juga 1-2 RC213V.  Dua sirkuit itu contoh hebatnya SSG.

 Flash File http://maniakmotor.com/images/IklanYamaha/yamahapromo.swf is not found

Mungkin karena itu, baru lalu keluar pernyataan dari Marquez. Bahwa ia tetap waspada pada ‘kakak’ setimnya. Memang sih sembari sebut Lorenzo. Tapi ia membadingkan saat di Laguna dalam keadaan cidera dua-duanya, Pedrosa tetap harus diwaspadai pada perebutan juara 2013. “Saat finish Dani (Pedrosa) hanya 8 detik di belakang saya. Jorge (Lorenzo) ada 12 detik,” bandingMarquez menggambarkan kekhawatirannya lebih besar pada Pedrosa.

Entah apa maksud Marquez menjelang testing SSG memberikan pernyataan tersebut. Memang dia tidak diminta komentar soal testing SSG M1. Tetapi bila hanya sebut-sebut Pedrosa sebagai pesaing ke depan untuk klasemen saat ini, tafsirannya ia hanya segan sesama pengguna SSG, hehe. “Saya menunggu Jorge dan Dani pulih 100 persen. Itu baru merupakan kemenganan yang mutlak,” jelas Marquez pada Crashnet.

Ooo geetu to. Makanya, SSG M1 adalah solusi. Sembilan seri berlalu, pembalap Yamaha lewat Lorenzo hanya satu seri memimpin klasemen dari hasil Qatar. Karena itu tadi, walau M1 yang menang di sirkuitnya mereka, rata-rata masih ditempel RC213V. Berbeda jika sirkuitnya Honda, ratanya M1 yang tertinggal. Seperti Laguna Seca dan Austin. Padahal, 9 sembilan seri ke depan, sirkuit milik Yamaha dan Honda masih seimbang.

Nah, cepat dong SSG-nya supaya ketat semua seri sisa tahun ini,. Tidak ada lagi sirkuit Honda dan Yamaha, setiap seri sulit diprediksi pemenangnya, seru kan. Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2013 Test SSG M1 Brno; Rossi Paling Diuntungkan

MotoGP 2013 (Jelang Tes Brno & Motegi): Hmm, Yamaha ‘Siapkan Mata-Mata’ di Sekitar Stoner

MotoGP 2013: Spies Bisa Ditepis, Redding Berancang-Ancang

MotoGP 2013; Tunggu Rossi Bilang ‘Wantap..!, Hasil Test SSG M1 Brno

MotoGP 2013: Mudah Beradaptasi, Bekal Crutchlow di Ducati


 


Written by Administrator