MotoGP 2013 Jelang Indianapolis; Hasil Test SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno vs RC213V Stoner Motegi

 

ManiakMotor – Coba komparasi hasil test yang dilakukan Casey Stoner terhadap RC213V dan Valentino Rossi – Jorge Lorenzo dengan SSG M1. Ketiga pembalap pernah juara dunia itu melakukan testing di waktu yang sama 6 – 7 Agustus 2013.

Sudah diketahui tempatnya berlainan. Stoner di sirkuit Motegi, Jepang  dan pasukan M1 di Brno, Ceko. Suara dari Honda seperti pernyataan wakil direktur HRC, Shuhei Nakamoto, test yang dilakukan Stoner tetap incar juara 2013. “Stoner dua hari di Motegi menghasilkan banyak gagasan untuk menambah performa RC213V terutama berebut juara 2013,” jelas Nakamoto usai test yang dilakukan Stoner.  

Berbeda dengan test  M1 yang hanya bisa digali pada website komunitas Valentino Rossi. Juga status Rossi dan Jorge Lorenzo di akun twitter dan facebook masing-masing. Intinya test Brno itu fokus pada seamless shift gerbox (SSG). “Tes Brno sangat penting buat sisa seri tahun ini,” kata Rossi dalam twitternya yang menggambarkan ketegangan testing. Cerita tahun ini, alat itu diupayakan digunakan Rossi sisa seri 2013.

 Flash File http://maniakmotor.com/images/IklanYamaha/yamahapromo.swf is not found

“Ada peningkatan untuk askselerasi dari gigi rendah uji coba di Brno,” begitu pernyataan website komunitas VR46. Admin sekaligus wartawan website ini kebetulan mengabadikan dengan videonya. Bahkan kata website tersebut, progresnya  143 persen. Walah... nah baca ini: MotoGP 2013 (Tes Brno): Meningkat 143% M1 Rossi–Lorenzo Pakai SSG, Rekaman Video

Dengan kata Nakamoto dan web Rossi, kedua testing dua merek ini  berhubungan dan berhasil. Hubungannya dua pabrikan ini ogah ketinggalan satu sama lain soal riset. Sampeyan juga tahu Yamaha unggul di sirkuit seperti apa dan Honda jawara di sirkuit macam mana? Ya, riset berhubungan dengan kelemahan dewek-dewek.

Makanya, di saat semestinya rehat separuh musim, Yamaha Factory Racing melakukan uji jalan SSG-nya yang sebenarnya diumumkan dengan jelas. Tapi hasilnya kurang jelas, lantaran belum diumumkan secara resmi.

Sedang Honda tetap mengistirahatkan Dani Pedrosa dan Marc Marquez, tapi memanggil Stoner yang rupanya rindu geber motor atau juga punya rencana kembali ke MotoGP. Ukuran kapasitas Stoner untuk pengembangan masih bisa jadi acuan. Mantan juara dunia dua kali itu, masih segar keterampilannya, baru 9 bulan meninggalkan MotoGP, umur pun baru 27 tahun.   

Kedua pernyataan ini hanya SSG Yamaha yang bisa segera dideteksi di Indinapolis, Amerika. Indianapolis adalah sirkuit SSG yang rutin mengumpan gigi setiap keluar tikungan. Pengguna SSG di sana, akselerasinya nyambung terus tanpa putus. Honda ang telah memiliki peranti ini, seharusnya memang asyik di Indianapolis. 

Sedang Honda baru bisa dibaca di sirkuit Silverstone yang memainkan kecepatan gigi tinggi. Jika di kedua sirkuit tersebut keduanya imbang alias berdekatan sepanjang race, bahwa Honda dan Yamaha sama-sama berhasil menutup kelemahan mereka. Kira-kira begitu brosist. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Test SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno; Apa Iya Untuk YZR-M1 2014?

MotoGP 2013: Tuntaskan Tes Motegi, Stoner Uji Ulang Pacuan Aragon

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Podium Rossi Terancam, Sehatnya Lorenzo Dan Pedrosa..?

MotoGP 2013 SSG M1 Rossi - Lorenzo Bisa Dideteksi Di Indianapolis, Sirkuitnya SSG..!

MotoGP 2013 Hasil Test SSG M1 Brno; Kata Rossi Sangat Tegang Sekali..!


Written by Administrator