MotoGP 2013 Jelang Indianapolis; SSG M1 Rossi - Lorenzo Vs SSG RC213V Marc - Pedrosa..?

 

 

ManiakMotor – Setiap keluar tikungan RC213V seperti menembakkan diri menyusul M1. Di ujung trek lurus kembali M1 bisa ambil alih. Tapi lagi-lagi abis menikung, RC213V macam peluru lagi kejar ulang.

Itulah gambaran RC213V Dani Pedrosa dan M1 Bens Sipies saat ia masih di Yamaha Factory Racing (YF) 2012. Pertarungannya terjadi di Indianapolis, Amerika. Spies yang kenal baik sirkuit tersebut, bisa menutup M1-nya pada tarek-tarekan pendeknya di Indianapolis. Juga itulah laga terbaik Spies selama 2012 dan sayangnya tidak finish karena motornya ngebul saking 'dipaksa' melayani cabut-cabut awal.  Saat itu Jorge Lorenzo sudah tertinggal jauh, sentuh finish selisih 10 detik dari Pedrosa.

Bisa saja situasi yang sama bila M1 belum ada perubahan pada reduksi dari gigi rendah akan terjadi di ronde 10 MotoGP 2013 yang tepatnya 18 Agustus. Indy – begitu namanya disingkat – adalah sirkuit yang tipikalnya ‘sebelas duabelas’ dengan Sachsenring dan Laguna Seca.  Panjang sirkuit 4.216 meter dan dibagi 16 tikungan yang 10 ke kiri dan 6 kanan. Sayarat tikungan dah...

Flash File http://maniakmotor.com/images/IklanYamaha/yamahapromo.swf is not found

Mungkin karena itu Pedrosa dan Marc Marquez from Repsol Honda Team leluasa memasang target di seri pembuka setelah istitrahat panjang tahun ini. Itu semata karena RC213V punya kesempatan dengan teknologi girboksnya yang disebut-sebut seamless shift gerbox (SSG). Mekanisme gigi walau sepatunya geser-geser memindah percepata tanpa memutus proses pembakaran.

“Ah saya nggak bilang begitu. Yang benar situasi tahun lalu berbeda dengan sekarang. Masih banyak sektor yang harus dibenahi untuk kembali menyesuyaikan dengan Indianapolis,” kata Pedrosa yang tidak bicara, ah saya tidak bilang begitu - ah, yang bilang begitu penulis – dan Pedrosa sejak 2009 di Indinapolis langganan podium kalau bukan ke-1 sesialnya ke-2. Ia memang mahir menikung kiri, cui.

Memang semua kembali pada set-up sesuai sirkuit, suhu trek, suhu sekitar, kelembaban, situasi tim dan segarnya pembalap ketika  tanding. Tapi masih ingat kan kata Pedrosa dan Lorenzo menghadapi pertarungan di sirkuit Jerez, Spanyol. Dua-duanya kelepasan  menggambarkan kelemahan motor masing-masing. Lorenzo khawatir pada penggunaan gigi rendah dan Pedrosa risau penggunaan gigi tinggi.  

Seperti itu kelemahan kedua merek yang ditenggarai buru-buru risetnya dituntaskan pada testing dilakukan masing-masing 6 – 7 Agustus 2013. Honda memanggil Casey Stoner untuk melengkapi riset mereka pada RCV 2014 di Motegi dan masih dilanjutkan ke Misano. Yamaha testing SSG di Brno yang hasilnya belum diumumkan. Bedanya dalam situasi terkini masuk Indianapolis, Honda sudah memiliki senjata sesuai karakter sirkuit tersebut. Justru M1 masih tanda tanya, apakai SSG sudah dipakai di Indy ini?

Tahun lalu saat sesi latihan sampai QTT di Indinapolis diwarnai kecelakaan, termasuk Lorenzo. Di saat sama Valentino Rossi yang saat ini membela YFR belum pakai M1. Posisi Lorenzo juga saat itu sudah unggul pundi. Sekarang situasi dia punya orang, wajib agresif untuk mengejar devisit poin tanpa SSG atau ada SSG, kolo ingin mempertahankan juara dunia. Keterampilan diri sendiri itulah SSG. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013: Tes Lanjutan di Misano, Honda Siapkan Perubahan Drastis

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis; Para King Dorong Marquez Jadi King, Gaya Baru..!

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis Amerika; Ceritanya Crutchlow Sebelum Ducati

MotoGP 2013 Indianapolis Amerika (Jelang): Jangan Sepelekan Rossi..!

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis; Hasil Test SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno vs RC213V Stoner Motegi

 

 

 

 

 


Written by Administrator